eprintid: 48920 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 1230 dir: disk0/00/04/89/20 datestamp: 2017-04-27 01:40:05 lastmod: 2019-01-30 14:00:15 status_changed: 2017-04-27 01:40:05 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: SUSANTI, ERNA corp_creators: Dra. Sukanti, M.Pd. title: EVALUASI PROGRAM PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN PADA BUSINESS CENTER UNTUK KOMPETENSI KEAHLIAN AKUNTANSI SMK NEGERI 7 YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016 ispublished: pub subjects: A1 subjects: D0 subjects: eko_akuntansi divisions: fe_pend_akuntansi full_text_status: public keywords: Efektivitas, Model CIPP, Program Pembelajaran Kewirausahaan pada Business Center abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pelaksanaanProgram Pembelajaran Kewirausahaan pada BusinessCenter untuk Kompetensi Keahlian Akuntansi SMK Negeri 7 Yogyakarta Tahun Pelajaran 2015/2016. Efektivitas pelaksanaan Program Pembelajaran Kewirausahaan pada Business Center untuk Kompetensi Keahlian Akuntansi ditinjau dari komponen Konteks, Masukan, Proses, dan Hasil. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kompetensi Keahlian Akuntansi yang telah melaksanakanPembelajaran Kewirausahaan pada Business CenterTahun Pelajaran 2015/2016,Kepala Sekolah,Guru Kewirausahaan, dan pengelola Business Center.Sampel dalam penelitian ini digunakan untuk menghitung jumlah siswa, sedangkan Kepala Sekolah, Guru Kewirausahaan, dan pengelolaBusiness Center menggunakan populasi. Teknik samplingmenggunakan proportionate stratified random sampling, menghasilkan 128 sampel siswa, jumlah seluruh responden adalah 134 orang.Penelitian ini termasuk dalam penelitian evaluatif kuantitatif dengan menggunakan model CIPP Stufflebeam. Data dalam penelitian dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner, wawancara, dokumentasi, serta observasi. Data dianalisis menggunakan metode deskriptif kuantitatif z-skor kemudian ditransformasikan ke dalam T-skor selanjutnya diverifikasi ke dalam prototype kuadran Glickman. Hasil analisis data diperoleh prototype variabel Konteks, Masukan, Proses, dan Hasil dengan posisi CIPP ( - - + - ) pada kuadran III dengan rincan variabel Konteks memperoleh frekuensi negatif (-), variabel Masukan frekuensi negatif (-), variabel Proses frekuensi positif (+), dan variabel Hasil frekuensi negatif (-). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Program Pembelajaran Kewirausahaan pada Business Center untuk Kompetensi Keahlian Akuntansi SMK Negeri 7 Yogyakarta Tahun Pelajaran 2015/2016 termasuk dalam kategori kurang efektif. Untuk itu disarankan: (1) Kepala sekolah mencari cara guna memberikan tambahan permodalan bagi Business Center, (2) pengelola Business Centerterus melakukan inovasi terhadap bentuk kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan pada Business Center, (3) siswa hendaknya dapat menanamkan pemahaman dalam diri bahwa belajar berwirausaha pada Business Center merupakan program sekolah yang baik untuk meningkatkan keterampilan berwirausaha. date: 2017 date_type: published institution: Fakultas Ekonomi department: Pendidikan Akuntansi thesis_type: skripsi citation: SUSANTI, ERNA (2017) EVALUASI PROGRAM PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN PADA BUSINESS CENTER UNTUK KOMPETENSI KEAHLIAN AKUNTANSI SMK NEGERI 7 YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016. S1 thesis, Fakultas Ekonomi. document_url: http://eprints.uny.ac.id/48920/1/Skripsi_Erna%20Susanti_13803241085.pdf