TY - THES UR - http://eprints.uny.ac.id/48914/ AV - public TI - PENGARUH MOTIVASI KERJA GURU, LINGKUNGAN KERJA GURU, DAN PERSEPSI GURU MENGENAI GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KREATIVITAS GURU AKUNTANSI DALAM PEMBELAJARAN DI SMK SWASTA PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SE-KABUPATEN KLATEN TAHUN 2016/2017 KW - Motivasi Kerja Guru KW - Lingkungan Kerja Guru KW - Persepsi Guru mengenai Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah KW - Kreativitas Guru Akuntansi dalam Pembelajaran M1 - skripsi ID - UNY48914 PB - Fakultas Ekonomi A1 - LISTYAWATI, RENI Y1 - 2017/// N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Motivasi Kerja Guru, Lingkungan Kerja Guru dan Persepsi Guru mengenai Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah secara bersama-sama terhadap Kreativitas Guru Akuntansi dalam Pembelajaran di SMK Swasta Program Keahlian Akuntansi se-Kabupaten Klaten Tahun 2016/2017. Subjek dalam penelitian ini adalah guru Akuntansi SMK Swasta Program Keahlian Akuntansi di Kabupaten Klaten tahun 2016/2017 berjumlah 42 orang guru. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan kuesioner. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji linearitas dan uji multikolinearitas. Uji hipotesis menggunakan analisis regresi sederhana, analisis regresi ganda, sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh positif Motivasi Kerja Guru terhadap Kreativitas Guru Akuntansi dalam Pembelajaran dengan rx1y=0,571, r2x1y =0,326; thitung=4,402; ttabel=2,024 dan signifikansi 5% (2) Terdapat pengaruh positif Lingkungan Kerja Guru terhadap Kreativitas Guru Akuntansi dalam Pembelajaran dengan rx2y=0,703, r2x2y= 0,495; thitung=6,260; ttabel=2,024 dan signifikansi 5% (3) Terdapat pengaruh positif Persepsi Guru mengenai Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kreativitas Guru Akuntansi dalam Pembelajaran dengan rx3y=0,761, r2x3y=0,580; thitung=7,425; ttabel=2,024 dan signifikansi 5% (4) Terdapat pengaruh positif Motivasi Kerja Guru, Lingkungan Kerja Guru, Persepsi Guru mengenai Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah secara bersama-sama terhadap Kreativitas Guru Akuntansi dalam Pembelajaran dengan Ry(1,2,3)=0,765, R2y(1,2,3)= 0,585; Fhitung=17,862; Ftabel=2,85 dan signifikansi 5%; Motivasi Kerja Guru memberikan sumbangan relatif sebesar 6,28% dan sumbangan efektif sebesar 3,67%, Lingkungan Kerja Guru sumbangan relatif sebesar 10,93% dan sumbangan efektif sebesar 6,39%, dan Persepsi Guru mengenai Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah sumbangan relatif sebesar 82,80% dan sumbangan efektif sebesar 48,44%. ER -