TY - THES UR - http://eprints.uny.ac.id/48872/ N2 - Penelitian ini dilatarbelakangi adanya kendala guru dalam penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang menyebabkan guru malas untuk menyusun RPP. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang menghambat guru PJOK dalam penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) di Sekolah Dasar Se-Kecamatan Godean. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yaitu suatu penelitian yang berusaha mendiskripsikan suatu fenomena/peristiwa secara sistematis sesuai dengan apa adanya faktor-faktor penghambat guru PJOK dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) di Sekolah Dasar Se-Kecamatan Godean. Populasi penelitian ini adalah guru PJOK se-Kecamatan Godean yang berjumlah 18 orang dan tersebar di 18 Sekolah Dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei. Sedangkan instrumennya menggunakan angket. Adapun teknik untuk menganilisis data dalam penelitian ini menggunakan perhitungan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor yang menghambat guru PJOK dalam penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) terdiri dari 3 faktor yaitu: materi pembelajaran, kompetensi guru, dan sarana prasrana. Dari ketiga faktor tersebut, faktor kompetensi guru merupakan faktor penghambat yang paling tinggi dengan rata-rata nilai sebesar40,83 (36,74%), urutan kedua adalah faktor materi pembelajaran dengan rata-rata nilai sebesar 37,6(33,83%), dan urutan yang terakhir adalah faktor sarana dan prasarana dengan rata-rata nilai yaitu 32,71(29,43%). ID - UNY48872 M1 - skripsi AV - public KW - Faktor KW - Penghambat KW - Guru KW - Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) PB - Fakultas Ilmu Keolahragaan Y1 - 2017/// TI - FAKTOR-FAKTOR PENGHAMBAT GURU PJOK DALAM MENYUSUN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) DI SEKOLAH DASAR SE-KECAMATAN GODEAN A1 - Muhammad, Ari Arsad ER -