eprintid: 4884 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 93 dir: disk0/00/00/48/84 datestamp: 2012-09-03 15:44:10 lastmod: 2012-09-03 15:44:10 status_changed: 2012-09-03 15:30:45 type: article metadata_visibility: show creators_name: Kusman, Abdi title: PEMBELAJ. MENULIS DAN PENGEMBANGAN BERPIKIR ispublished: pub subjects: perpus divisions: upt_perpus full_text_status: public abstract: eterkaitan menu/is dengan kegiatan berpikir sangat erat. Seorang enu/is sebelum mengungkapkan pikiran, ide, atau gagasan pastUah t lah memikirkan berbagai macam yang terkait dengan tu/is- menu/is, s perti pilihan wacana, gaya, kosa kata, alur berpikir, dan cara pengung an ide tersebut. Setiapjenis wacana memi/iki ciri yang khas, termasuk i dalamnyaterkaitdengan alur berpikiratau bernalarpenu/isnya. Oleh kare itu, menu/is memerlukan strategi berpikir dan wawasanyang memadai gar dapatmenghasilkantu/isanyang komunikatif 'embelajaran menulis memiliki keterkaitan yang erat dengan pembelaj an strategi pengungkapan gagasan, dan seka/igus merupakan strategi b rpikir. Pembelajaran menu/is bila dirancang dengan baik dan dilaksana n oleh guru yang potensial akan dapat menunjang perkemba gan kognitif atau pikiran pembelajar dengan baik Pembelajar perlu dibe i kesempatan dan berlatih untuk berani berekspresisecara bebas dan kreat . Pendekatan pembelajaran menulis dipilih dan dirancang sedemikia rupa sehingga pembelajar terkandisi untuk berekspresi secara aktif dan atif date_type: published publication: DIKSI, volume: 8 number: 19 refereed: TRUE citation: Kusman, Abdi PEMBELAJ. MENULIS DAN PENGEMBANGAN BERPIKIR. DIKSI,, 8 (19). document_url: http://eprints.uny.ac.id/4884/1/Pembelajaran_Menulis_dan_Pengembangan_Berpikir.pdf