TY - JOUR IS - 19 TI - PEMBELAJ. MENULIS DAN PENGEMBANGAN BERPIKIR VL - 8 ID - UNY4884 A1 - Kusman, Abdi JF - DIKSI, UR - http://eprints.uny.ac.id/4884/ N2 - eterkaitan menu/is dengan kegiatan berpikir sangat erat. Seorang enu/is sebelum mengungkapkan pikiran, ide, atau gagasan pastUah t lah memikirkan berbagai macam yang terkait dengan tu/is- menu/is, s perti pilihan wacana, gaya, kosa kata, alur berpikir, dan cara pengung an ide tersebut. Setiapjenis wacana memi/iki ciri yang khas, termasuk i dalamnyaterkaitdengan alur berpikiratau bernalarpenu/isnya. Oleh kare itu, menu/is memerlukan strategi berpikir dan wawasanyang memadai gar dapatmenghasilkantu/isanyang komunikatif 'embelajaran menulis memiliki keterkaitan yang erat dengan pembelaj an strategi pengungkapan gagasan, dan seka/igus merupakan strategi b rpikir. Pembelajaran menu/is bila dirancang dengan baik dan dilaksana n oleh guru yang potensial akan dapat menunjang perkemba gan kognitif atau pikiran pembelajar dengan baik Pembelajar perlu dibe i kesempatan dan berlatih untuk berani berekspresisecara bebas dan kreat . Pendekatan pembelajaran menulis dipilih dan dirancang sedemikia rupa sehingga pembelajar terkandisi untuk berekspresi secara aktif dan atif AV - public ER -