eprintid: 48837
rev_number: 9
eprint_status: archive
userid: 1233
dir: disk0/00/04/88/37
datestamp: 2017-04-19 08:29:07
lastmod: 2019-01-30 13:56:46
status_changed: 2017-04-19 08:29:07
type: thesis
metadata_visibility: show
creators_name: Wigati, Tutut
title: PENGARUH PELAKSANAAN JAM BELAJAR MASYARAKAT DAN PERAN ORANGTUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SD KELAS TINGGI DI SD NEGERI GOLO
ispublished: pub
subjects: pssd_pgsd
divisions: fip_pgsd
full_text_status: restricted
abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh pelaksanaan Jam Belajar Masyarakat terhadap motivasi belajar siswa SD kelas tinggi di SD Negeri Golo, (2) pengaruh peran orangtua terhadap motivasi belajar siswa SD kelas tinggi di SD Negeri Golo, (3) pengaruh pelaksanaan Jam Belajar Masyarakat dan peran orangtua terhadap motivasi belajar siswa SD kelas tinggi di SD Negeri Golo.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif expostfacto. Populasi penelitian ini sebanyak 65 siswa kelas IV,V,VI SD Negeri Golo yang bertempat tinggal di kelurahan Tahunan. Teknik pengumpulan data menggunakan skala psikologi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi sederhana dan
regresi berganda. 
Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) terdapat pengaruh pelaksanaan Jam Belajar Masyarakat terhadap motivasi belajar siswa SD kelas tinggi di SD Negeri Golo dengan koefisien korelasi sebesar 0,490, koefisien Determinasi sebesar
0,240 dan persamaan garis regresi Y= 63,036+ 0,365 X1, (2) terdapat pengaruh peran orangtua terhadap motivasi belajar siswa SD kelas tinggi di SD Negeri Golo dengan koefisien korelasi sebesar 0,623 dan koefisien Determinasi sebesar 0,389 dan persamaan garis regresi Y= 61,213+ 0,384 X2,(3) terdapat pengaruh pelaksanaan Jam Belajar Masyarakat dan peran orangtua terhadap motivasi belajar siswa SD kelas tinggi di SD Negeri Golo dengan Fhitung sebesar 29,382 lebih besar dari Ftabel pada taraf signifikansi 5%, koefisien Determinasi sebesar 0,503 dan persamaan garis regresi Y= 44, 780 + 0,250 X1 + 0,323 X2. 

Kata kunci: Pelaksanaan Jam Belajar Masyarakat, Peran Orangtua, Motivasi Belajar
date: 2017-04-19
date_type: published
institution: PGSD
department: Fakultas Ilmu Pendidikan
thesis_type: skripsi
citation:   Wigati, Tutut  (2017) PENGARUH PELAKSANAAN JAM BELAJAR MASYARAKAT DAN PERAN ORANGTUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SD KELAS TINGGI DI SD NEGERI GOLO.  S1 thesis, PGSD.   
document_url: http://eprints.uny.ac.id/48837/1/Tutut%20Wigati.pdf