TY - THES TI - KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 SEDAYU BANTUL AV - public M1 - skripsi N2 - Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) perbedaan yang positif dan signifikan prestasi belajar keterampilan menulis bahasa Jerman peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Sedayu Bantul antara yang diajar dengan menggunakan media gambar dan yang diajar dengan menggunakan media konvensional, (2) keefektifan penggunaan media gambar dalam pembelajaran keterampilan menulis bahasa Jerman. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment. Data diperoleh melalui tes keterampilan menulis bahasa Jerman pada pre-test dan post-test. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan simple random sampling. Berdasarkan pengambilan sampel diperoleh kelas XI MIPA 3 (30 peserta didik) sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA2 (30 peserta didik) sebagai kelas kontrol. Penelitian ini memiliki 2 variabel yaitu penggunaan media gambar sebagai variabel bebas, dan keterampilan menulis bahasa Jerman sebagai variabel terikat. Hasil analisis data menggunakan uji-t menghasilkan thitung 10,509 lebih besar dari ttabel1,671 dengan taraf signifikansi 0,05. Hal ini menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Bobot keefektifannya adalah 12,19%. Nilai rata-rata akhir kelas eksperimen sebesar 82,500 lebih besar dari kelas kontrol yaitu 73,200. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media gambar lebih efektif dalam pembelajaran keterampilan menulis bahasa Jerman. Y1 - 2017/04/10/ UR - http://eprints.uny.ac.id/48816/ KW - Media gambar KW - keterampilan menulis bahasa Jerman ID - UNY48816 PB - Universitas Negeri Yogyakarta A1 - Robiatul, Adawiyah ER -