%0 Thesis %9 S1 %A Anggraini, Rita Dewi %A Dra. Sukanti, M.Pd., %B Pendidikan Akuntansi %D 2017 %F UNY:48789 %I Fakultas Ekonomi %K Motivasi Belajar, Lingkungan Teman Sebaya, Prestasi Belajar Akuntansi %T PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS SMA N 1 PLERET TAHUN AJARAN 2016/2017 %U http://eprints.uny.ac.id/48789/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Pleret Tahun Ajaran 2016/2017. 2) Pengaruh Lingkungan Teman Sebaya terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Pleret Tahun Ajaran 206/2017. 3) Pengaruh Motivasi Belajar dan Lingkungan Teman Sebaya secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Pleret Tahun Ajaran 206/2017. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitaif. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Pleret Tahun Ajaran 2016/2017 sejumlah 66 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan angket. Uji coba instrumen dilakukan kepada 30 siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Imogiri. Uji validitas instrumen menggunakan korelasi Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach’s. Uji prasyarat analisis data meliputi uji linieritas dan uji multikolinieritas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana dan regresi ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh positif Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi yang ditunjukkan dengan nilai rx₁y= 0,553; = 0,306; thitung 5,308; ttabel 1,998 pada taraf signifikansi 5%. 2) Terdapat pengaruh positif Lingkungan Teman Sebaya terhadap Prestasi Belajar Akuntansi yang ditunjukkan dengan nilai = 0,434; = 0,188; thitung 3,852; ttabel 1,998 pada taraf signifikansi 5%. 3) Terdapat pengaruh positif Motivasi Belajar dan Lingkungan Teman Sebaya secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi yang ditunjukkan dengan = 0,574; 0,370, Fhitung 18,476; Ftabel 1,512 dengan taraf signifikansi 5%. Sumbangan Relatif Motivasi Belajar sebesar 68,36% dan Sumbangan Efektifnya sebesar 25,29%. Sumbangan Relatif Lingkungan Teman Sebaya sebesar 31,64% dan Sumbangan Efektifnya sebesar 11,71%.