eprintid: 48785 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 1278 dir: disk0/00/04/87/85 datestamp: 2017-04-20 02:16:50 lastmod: 2019-01-30 13:54:55 status_changed: 2017-04-20 02:16:50 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Setiana, Dwi Kurniasari title: PENINGKATAN HASIL BELAJAR KOMPETENSI PEMBUATAN POLA ROK PIAS MELALUI METODE PEMBELAJARAN STAD BERBANTUAN MACROMEDIA FLASH DI SMK KARYA ispublished: pub subjects: teknik_boga_busana divisions: ft_jurdik_boga_busana_pend_busana full_text_status: public abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pelaksanaan pembelajaran pembuatan pola rok pias melalui metode STAD berbantuan Macromedia Flash di SMK Karya Rini YHI Kowani Yogyakarta, (2) besarnya peningkatan kompetensi pembelajaran pembuatan pola rok pias dengan menerapkan metode pembelajaran STAD berbantuan Macromedia Flash di SMK Karya Rini YHI Kowani Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan desain penelitian model Kemmis dan Mc.Taggart. Populasi penelitian adalah siswa kelas X SMK Karya Rini berjumlah 37 siswa. Ukuran sampel penelitian sebanyak 37 siswa ditentukan dengan teknik sampling jenuh. Metode pengumpulan data dengan melakukan observasi pelaksanaan pembelajaran, memberikan tes dan tes unjuk kerja. Uji validitas instrumen penelitian dengan meminta pertimbangan ahli (expert judgements). Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis deskripsif. Hasil penelitian ini adalah: (1) pelaksanaan pembelajaran membuat pola rok pias menggunakan metode pembelajaran STAD berbantuan Macromedia Flash pada kelas X di SMK Karya Rini adalah sebagai berikut: pada kegiatan pendahuluan guru menyampaikan tujuan dan mempersiapkan siswa, pada kegiatan inti guru mendemostrasikan pembuatan pola rok pias berbantuan media Macromedia Flash, guru membimbing siswa dalam membuat pola, guru mengecek pemahaman siswa tentang materi pembuatan pola rok pias dan mengumpanbalikan pada kegiatan presentasi kelompok dan memberikan latihan lanjutan pembuatan pola rok pias, (2) terjadi peningkatan kompetensi siswa, pada pra siklus rata-rata nilai 67,05, pada siklus I meningkat menjadi 77,10, peningkatan pada pra siklus ke siklus I meningkat sebesar 12,93%, dan pada siklus II, rata-rata nilai 77,10 meningkat menjadi 83,43, peningkatan pada siklus I ke siklus II sebesar 7,36%. Hal ini menunjukan bahwa dengan adanya penerapan pembelajaran STAD berbantuan Macromedia Flash dapat meningkatkan kompetensi siswa. Kata Kunci: pembuatan pola rok pias, metode pembelajaran STAD, macromedia flash date: 2017 date_type: published institution: Fakultas Teknik department: UNY thesis_type: skripsi citation: Setiana, Dwi Kurniasari (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR KOMPETENSI PEMBUATAN POLA ROK PIAS MELALUI METODE PEMBELAJARAN STAD BERBANTUAN MACROMEDIA FLASH DI SMK KARYA. S1 thesis, Fakultas Teknik. document_url: http://eprints.uny.ac.id/48785/1/SKRIPSI%20LENGKAP.pdf