%0 Thesis %9 S2 %A Uran, Lukas Lui %B Program Pascasarjana %D 2017 %F UNY:48744 %I UNY %K Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Kurikulum 2013, SMK %T Evaluasi Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Kurikulum 2013 pada SMK Se-Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur %U http://eprints.uny.ac.id/48744/ %X Tujuan penelitian ini adalah mengungkapkan ketercapaian pelaksanaan evaluasi implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Kurikulum 2013, di SMK se-Kabupaten Belu yang meliputi aspek: (1) ketercapaian pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan KTSP yang dilihat dari konteks, input, proses, dan produk, (2) ketercapaian pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan Kurikulum 2013 yang dilihat konteks, input, proses, dan produk, (3) hambatan yang dialami guru dalam pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan KTSP, (4) hambatan yang dialami guru dalam pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan Kurikulum 2013, dan (5) kelebihan dan kekurangan pembelajaran dengan menggunakan kedua kurikulum. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Model yang digunakan adalah model CIPP. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan siswa SMK di Kabupaten Belu, NTT. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik probability sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner, wawancara terstruktur, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Hasil evaluasi implementasi KTSP dilihat dari segi konteks, input proses dan produk yang dinilai oleh kepala sekolah, guru dan siswa masuk kategori sangat berhasil. (2) Hasil evaluasi implementasi Kurikulum 2013 dilihat dari segi konteks, input proses dan produk yang dinilai oleh kepala sekolah, guru dan siswa masuk kategori sangat berhasil. (3) Hambatan utama yang dialami guru dalam pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan KTSP adalah keterbatasan literatur. (4) Hambatan utama yang dialami guru dalam pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan Kurikulum 2013 adalah kesulitan dalam membuat format penilaian pembelajaran. (5) Kelebihan utama KTSP adalah fleksibilitas dalam mengembangkan kurikulum, sedangkan kekurangannya adalah keterbatasan literatur. (6) Kelebihan utama Kurikulum 2013 adalah meningkatkan kreativitas guru dan siswa, sedangkan kekurangannya adalah sulit dipahami.