TY - THES ID - UNY48714 Y1 - 2017/03// A1 - Maharani, Nur Laila PB - Fakultas Ilmu Pendidikan TI - KEBIJAKAN SEKOLAH DALAM MENGEMBANGKAN BUDAYA MUTU PADA SEKOLAH REGROUPING DI SD N UNGARAN 1 YOGYAKARTA AV - restricted M1 - skripsi N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana proses formulasi kebijakan sekolah dalam mengembangkan budaya mutu sekolah yang pernah dilakukan SD N Ungaran 1 Yogyakarta pasca regrouping. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian adalah SD N Ungaran 1 Yogyakarta. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumen. Analisis data dilakukan dengan tiga tahap yaitu, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data yang digunakan adalah dengan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses formulasi kebijakan pengembangan budaya mutu dilakukan oleh Kepala Sekolah, guru, pegawai, Komite Sekolah, dan Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta yang terjadi dalam 4 tahap yaitu merumuskan masalah, menetapkan agenda kebijakan, memilih alternatif kebijakan, dan melakukan penetapan kebijakan dengan membuat Surat Keputusan Kepala Sekolah tentang pengembangan budaya mutu sekolah, yaitu menyediakan fasilitas sekolah yang memadai, melaksanakan pendidikan lingkungan hidup, meningkatkan partisipasi orang tua, menciptakan pembelajaran berbasis budaya lokal (jogja), meningkatkan potensi non akademik siswa, menciptakan suasana kerja yang kondusif, menciptakan keakraban siswa dan warga sekolah, serta meningkatkan kompetensi guru dan pegawai. Kendala yang dialami dalam proses formulasi kebijakan sekolah adalah masih banyak guru dan pegawai yang tidak terlibat aktif dalam proses formulasi kebijakan. Kata Kunci: kebijakan, formulasi kebijakan, budaya mutu, sekolah regrouping UR - http://eprints.uny.ac.id/48714/ ER -