eprintid: 48704 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 57 dir: disk0/00/04/87/04 datestamp: 2017-04-13 06:38:39 lastmod: 2019-01-29 12:18:24 status_changed: 2017-04-13 06:38:39 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Seran, Herlina title: Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Proses Pembinaan Guru di SMP Negeri Bian Timor Tengah Utara ispublished: pub subjects: D10 divisions: pps_mp full_text_status: public keywords: kepemimpinan kepala sekolah, pembinaan guru abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) peran kepemimpinan kepala sekolah dalam pengelolaan pembelajaraan di SMP Negeri Bian Timor Tengah Utara; (2) peran kepemimpinan kepala sekolah dalam proses pembinaan guru di SMP Negeri Bian Timor Tengah Utara. Penelitian ini merupakan jenis studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah dan guru. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan analisis dokumen. Instrumen penelitian berupa pedoman wawancara dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan mengacu pada analisis model interaktif Miles & Huberman, yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran kepemimpinan kepala sekolah dalam proses pembinaan guru yaitu: (1) Peran kepemimpinan kepala sekolah dalam pengelolaan pembelajaran sebagai educator, manajer, administrator, supervisor, leader, entrepreneur, dan climator. (2) Pembinaan guru yang dilakukan oleh kepala sekolah melalui pembinaan supervisi pendidik, pembinaan melalui pendidikan dan latihan. date: 2017-03-31 date_type: published institution: UNY department: Program Pascasarjana thesis_type: tesis citation: Seran, Herlina (2017) Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Proses Pembinaan Guru di SMP Negeri Bian Timor Tengah Utara. S2 thesis, UNY. document_url: http://eprints.uny.ac.id/48704/1/tesis-herlina-seran-14703251006.swf