@phdthesis{UNY48704, year = {2017}, month = {March}, author = {Herlina Seran}, title = {Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Proses Pembinaan Guru di SMP Negeri Bian Timor Tengah Utara}, school = {UNY}, url = {http://eprints.uny.ac.id/48704/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) peran kepemimpinan kepala sekolah dalam pengelolaan pembelajaraan di SMP Negeri Bian Timor Tengah Utara; (2) peran kepemimpinan kepala sekolah dalam proses pembinaan guru di SMP Negeri Bian Timor Tengah Utara. Penelitian ini merupakan jenis studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah dan guru. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan analisis dokumen. Instrumen penelitian berupa pedoman wawancara dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan mengacu pada analisis model interaktif Miles \& Huberman, yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran kepemimpinan kepala sekolah dalam proses pembinaan guru yaitu: (1) Peran kepemimpinan kepala sekolah dalam pengelolaan pembelajaran sebagai educator, manajer, administrator, supervisor, leader, entrepreneur, dan climator. (2) Pembinaan guru yang dilakukan oleh kepala sekolah melalui pembinaan supervisi pendidik, pembinaan melalui pendidikan dan latihan.}, keywords = {kepemimpinan kepala sekolah, pembinaan guru} }