%A Awalia Rosdiana Afifah %T PERANCANGAN MEDIA PROMOSI INDUSTRI KERAJINAN “BAYU ROTAN” WONOSARI GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA %X Perancangan media promosi Industri Kerajinan “Bayu Rotan” ini bertujuan untuk merancang desain media promosi yang efektif, efisien dan komunikatif sehingga keberadaan industri dapat lebih dikenal oleh masyarakat luas, khususnya di daerah Gunungkidul, Yogyakarta. Metode perancangan meliputi proses pengumpulan data verbal maupun data visual dengan teknik wawancara, dokumentasi dan observasi. Selanjutnya data dianalisis menggunakan analisis data 9 P’s yaitu Product, People, Price, Programming, Promotion, Potitioning, Place, Partnership, dan Packaging. Tahapan penciptaan media promosi dengan proses membuat layout kasar, layout komprehensif dan desain lengkap. Instrumen yang digunakan dalam pembuatan karya diantaranya berupa perangkat manual misalnya pensil, sketch book, drawing pen, dan perangkat computer berupa perangkat keras (hardware) seperti komputer/laptop, mouse, scanner dan kamera digital. Sedangkan perangkat lunak (software) yang digunakan adalah Adobe Photoshop, CorelDraw dan Microsoft Word. Hasil perancangan media promosi berupa konsep visual yang memadukan dua unsure yaitu alami dan modern. Kesan alami terdapat pada warna identitas yaitu warna kuning, coklat, dan hijau. Modern diperoleh dari gubahan daun rotan pada logo yang dibuat lebih sederhana namun tetap mengi kuti perkembangan zaman. Jenis media yang dibuat berupa media utama (prime media) dan media pendukung (supporting media). Media utama yang dihasilkan yaitu logo Industri Kerajinan “Bayu Rotan” yang diaplikasikan pada media utama dan media pendukung, brosur dan billboard. Sedangkan media pendukung antara lain stationery set (kop surat, amplop, kartu nama, nota pembayaran, label harga), seragam karyawan, poster, x- banner, transit ad, stiker, gantungan kunci dan t-shirt %D 2017 %L UNY48697 %I Pendidikan Seni Rupa FBS