TY - THES UR - http://eprints.uny.ac.id/48658/ TI - IMPLEMENTASI KURIKULUM SEKOLAH ALAM BERBASIS PENDIDIKAN ISLAM TERPADU DI KELAS V SDIT ALAM NURUL ISLAM YOGYAKARTA AV - restricted M1 - skripsi ID - UNY48658 PB - PGSD A1 - Astuti, Siti Utami Budi Y1 - 2017/04/12/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi kurikulum sekolah alam berbasis pendidikan Islam terpadu di kelas V SDIT Alam Nurul Islam Yogyakarta. Pertanyaan penelitian yang diajukan mengenai perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian, yakni kepala sekolah, guru kelas VA, siswa kelas VA, dan wali siswa VA yang ditentukan melalui teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman (data collection, data reduction, data display, dan conclusions drawing/verifying). Uji keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kurikulum sekolah alam berbasis pendidikan Islam terpadu mencakup perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Perencanaan pembelajaran disusun oleh tim formatur kurikulum bersama guru kelas dan dituliskan dalam weekly, walaupun belum memenuhi syarat minimal dokumen RPP. Pelaksanaan pembelajaran dengan metode experiental learning meliputi kegiatan awal, inti, dan akhir. Pembelajaran ditujukan pada penciptaan akhlak baik, penguasaan ilmu pengetahuan, dan penciptaan leadership yang memadai dengan mengintegrasikan nilai-nilai Islam. Evaluasi pembelajaran mengukur aspek pengetahuan menggunakan tes tertulis maupun praktik; sikap sosial menggunakan pengamatan guru, penilaian diri, dan penilaian sebaya; penilaian sikap spiritual menggunakan monitoring amalan harian oleh wali siswa; serta keterampilan menggunakan praktik atau unjuk kerja. Kata kunci: implementasi kurikulum sekolah alam berbasis pendidikan Islam terpadu, kelas V SD, perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, evaluasi pembelajaran ER -