%0 Thesis %9 S1 %A Septya, Dwita Rinanda %B UNY %D 2017 %F UNY:48645 %I Fakultas Teknik %T PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FLOWCHART TERHADAP HASIL BELAJAR PEMBUATAN SAKU PASSEPOILLE PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 SEWON %U http://eprints.uny.ac.id/48645/ %X Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui hasil belajar pembuatan saku passepoille pada siswa kelas X Tata Busana SMK Negeri 1 Sewon tanpa menggunakan media flowchart, (2) mengetahui hasil belajar pembuatan saku passepoille pada siswa kelas X Tata Busana SMK Negeri 1 Sewon dengan menggunakan media flowchart, (3) membuktikan adanya pengaruh penggunaan media flowchart terhadap hasil belajar pembuatan saku passepoille pada siswa kelas X Tata Busana SMK Negeri 1 Sewon Metode penelitian ini adalah Praeksperimen dengan desain Posttest Only Control Design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas X Tata Busana SMK Negeri 1 Sewon. Teknik pengambilan sampel dengan probability sampling berupa simple random sampling . Metode pengumpulan data menggunakan tes untuk mengukur kognitif dan psikomotor dan observasi untuk mengukur afektif. Validitas instrument tes menggunakan validitas isi. Realibilitas instrument menggunakan metode inter-rater. Uji normalitas menggunakan rumus One Sample Kolmogorov Smirnov dengan nilai 0,129 pada kelas kontrol dan 0,732 pada kelas eksperimen. Uji homogenitas menggunakan uji-F dengan nilai