relation: http://eprints.uny.ac.id/48637/ title: PENGEMBANGAN PERFORMANCE TASK ASSESSMENT SUB CONDUCTING AN EXPERIMENT UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN FISIKA DITINJAU DARI KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK creator: Nur Izzah, Yustin Hasna creator: Wiyatmo, Yusman subject: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam subject: Fisika description: Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat performance task assessment sub conducting an experiment yang valid dan reliabel untuk melatih keterampilan proses sains peserta didik SMA dan mengetahui efektifitas performance task assessment sub conducting an experiment dalam pembelajaran fisika melalui kegiatan eksperimen ditinjau dari keterampilan proses sains peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan model 4-D (Four D Models) terdiri dari tahap pendefinisian (Define), tahap perencanaan (Design), tahap pengembangan (Develop), dan tahap Diseminasi (Disseminate). Instrumen penelitian berupa RPP, Modul Pembelajaran, LKPD, lembar penilaian Performance Task Assessment sub Conducting an Experiment dan lembar validasi instrumen penelitian. Instrumen divalidasi oleh 2 orang yang terdiri dari validator ahli (dosen) dan praktisi (guru). Validitas dan Reliabilitas produk yang dikembangkan didasarkan pada penilaian validator. Untuk penilaian validasi instrumen digunakan skala penilaian Likert yang kemudian di rerata dan di interpretasi menggunakan kriteria Penilaian dari Insih Wilujeng. Untuk menentukan reliabilitas instrumen digunakan Percentage of Agreement (PA) dari Borich serta untuk validitas instrumen digunakan analisis Content Validity Ratio (CVR) dan Content Validity Index (CVI) dari Lawshe. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA di MAN Yogyakarta 1. Data keterampilan proses peserta didik dianalisis dengan menghitung rerata pencapaian keterampilan proses sains berdasarkan nilai observer. Hasil yang diperoleh adalah instrumen asesmen yaitu Lembar Penilaian dan rubrik penilaian Performance Task Assessment sub Conducting an Experiment pada materi gerak harmonik sederhana yang valid dan reliabel berdasarkan penilaian dari dosen dan guru. Keefektifan dari Lembar Performance Task Assessment sub Conducting an Experiment dalam menilai keterampilan proses sains peserta didik pada uji terbatas yang dilakukan di kelas XI MIA 3 didapatkan rerata total sebesar 3,32 dengan interpretasi baik dan pada uji lapangan yang dilakukan di kelas XI MIA 1 didapatkan rerata total sebesar 3,56 dengan interpretasi sangat baik dan di kelas XI MIA 2 didapatkan rerata total sebesar 3,21 dengan interpretasi baik. Kata kunci: performance task assessment, keterampilan proses sains, 4-D model date: 2017-03-31 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/48637/1/SKRIPSI%20LENGKAP.pdf identifier: Nur Izzah, Yustin Hasna and Wiyatmo, Yusman (2017) PENGEMBANGAN PERFORMANCE TASK ASSESSMENT SUB CONDUCTING AN EXPERIMENT UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN FISIKA DITINJAU DARI KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.