%0 Thesis %9 S1 %A Radea Satria, Putra Haryanto %B UNY %D 2016 %F UNY:48618 %I Fakultas Teknik %T IMPLEMENTASI WORK BASED LEARNING (WBL) DI SMK PIRI SLEMAN PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN %U http://eprints.uny.ac.id/48618/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, (1) Bagaimanakah implementasi Work Based Learning (WBL) di SMK Piri Sleman Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan dan (2) Apakah kendala implementasi Work Based Learning (WBL) di SMK Piri Sleman Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian dilaksanakan di SMK Piri Sleman dan 5 industri pasangan yang berada di Kabupaten Sleman. Instrumen yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi dan observasi. Analisis data kualitatif dilakukan secara interaktif dan berlangsung secara terus-menerus sampai tuntas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Implementasi WBL di SMK Piri Sleman program keahlian teknik kendaraan ringan yang dilaksanakan dalam bentuk praktek kerja industri telah berlangsung cukup baik. Terlihat dari hasil penelitian bahwa perencanaan sudah cukup baik, akan tetapi untuk pembekalan dan perencanaan waktu perlu diperhatikan kembali. Pelaksanaan prakerin sudah cukup baik, tetapi masih ada ketidaksesuaian dalam monitoring dan laporan siswa. Selanjutnya hasil prakerin sudah cukup baik, hanya terdapat satu masalah pada penilaian siswa dari pihak sekolah. (2) Kendala dalam pelaksanaan implementasi work based learning di SMK Piri Sleman ada 2 sumber, yaitu dari internal sekolah dan eksternal sekolah. Kendala dari internal sekolah yaitu masalah siswa yang tidak bisa tepat waktu dalam pemilihan industri, selanjutnya masalah pembimbingan dan sertifikat. Sementara kendala yang terjadi dari luar sekolah (industri) yaitu masalah tentang batasan kuota yang diterima di industri, dan masalah jarak antara industri dengan tempat tinggal siswa. Kata Kunci: implementasi work based learning, praktek kerja industri, Teknik Kendaraan Ringan