TY - THES TI - PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN VISUAL BERBASIS LECTORA TERHADAP HASIL BELAJAR KOMPETENSI PERBAIKAN KERUSAKAN MESIN JAHIT SISWA KELAS X SMK NEGERI 3 KLATEN AV - public M1 - skripsi ID - UNY48615 UR - http://eprints.uny.ac.id/48615/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui hasil belajar siswa sebelum penggunaan media pembelajaran visual berbasis lectora. 2) Mengetahui hasil belajar siswa setelah penggunaan media pembelajaran visual berbasis lectora. 3) Membuktikan adanya pengaruh penggunaan media pembelajaran visual berbasis lectora terhadap hasil belajar siswa kompetensi dasar perbaikan kerusakan mesin jahit jurusan busana kelas X di SMK Negeri 3 Klaten. Desain Penelitian ini adalah Quasi Eksperimental Design dengan model penelitian Nonequivalent Pretest-Postest Control Grup Design. Sample penelitian adalah siswa kelas X busana sejumlah 34 siswa yang dipilih dengan Simple Random Sampling. Metode pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Validitas instrumen menggunakan validitas konstruk dengan menggunakan rumus korelasi product moment dari pearson dan validitas isi meminta pendapat para ahli. Reliabilitas menggunakan pengujian Kuder- Richardson 20 (KR-20). Analisis data dilakukan dengan statistik parametrik dengan uji prasyarat meliputi uji normalitas, uji homogenitas, kemudian dilakukan uji beda Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Pencapaian kompetensi perbaikan kerusakan mesin jahit kelas kontrol dan kelas eksperimen sebelum menggunakan media hasil nilainya belum tercapai tingkat ketuntasan. Hasilnya adalah kelompok kontrol dari 17 siswa, yang termasuk katagori yang belum tuntas sebanyak 15 siswa (88%). Kelompok eksperimen dari 17 siswa, yang termasuk katagori yang belum tuntas sebanyak 16 siswa (94,11%). 2) Pencapaian kompetensi perbaikan kerusakan mesin jahit setelah menggunakan media hasil nilai ketercapaian ketuntasan yang paling tinggi didapat pada kelompok eksperimen, dan pencapaian kompetensi yang rendah adalah kelompok kontrol. Hasil kompetensi perbaikan kerusakan mesin jahit pada kelompok kontrol dari 17 siswa, yang termasuk katagori yang belum tuntas sebanyak 9 siswa (53%). Kelompok eksperimen dari 17 siswa, mengalami nilai tuntas sebanyak 17 siswa (100%) siswa. 3) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara kelompok kontrol dengan kelompok eksperimen setelah dilakukan pembelajaran menggunakan media Lectora terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan nilai probabilitas (Sig.) 0.00<0,05 Kata Kunci: Media Pembelajaran Lectora, Hasil Belajar. Y1 - 2017/// A1 - Dewi Uswatun, Khasanah PB - Fakultas Teknik ER -