TY - THES ID - UNY48608 M1 - skripsi TI - PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA LECTORA INSPIREŽ PADA SISWA AUTIS KELAS V DI SLB TEGAR HARAPAN SLEMAN AV - public UR - http://eprints.uny.ac.id/48608/ Y1 - 2017/03/25/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui media Lectora Inspire pada anak autis kelas V(lima) di SLB Tegar Harapan Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif. Subjek penelitian yaitu anak autis kelas V di SLB Tegar Harapan Sleman yang terdiri dari satu anak. Desain yang digunakan adalah model penelitian Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Siklus pertama subjek diberikan pre-test. Setiap siklus diakhiri dengan post-test. Pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yakni kuantitatif dan kualitatif dengan penyajian data berupa tabel, dan grafik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Lectora Inspire dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan untuk anak autis kelas V di SLB Tegar Harapan Sleman. Hal ini ditunjukkan dengan Perolehan skor yang diperoleh subjek mengalami peningkatan dari 38 (63,33%) pada tes kemampuan awal (pre-test) menjadi 47 (78,33%) pada tes pasca tindakan (post-test) siklus I kemudian menjadi 54 (90%) pada tes pasca tindakan siklus II. Pada siklus II dilakukan modivikasi dengan melakukan pengulangan materi pembelajaran serta pemberian reward apabila siswa mau melakukan pembelajaran dengan fokus. Hasil observasi partisipasi siswa mengalami peningkatan pada siklus I memperoleh skor rata-rata 40,2 (89,33%) dengan kategori sangat baik meningkat menjadi 41,67 (92,59%) dengan kategori sangat baik pada siklus II. Hasil observasi kinerja guru juga mengalami peningkatan pada siklus I memperoleh skor rata-rata 40,8 (90,67%) dengan kategori sangat baik meningkat menjadi 42,67 (94,81%) pada siklus II dengan kategori sangat baik. A1 - Yeny, Rahmawati Priyanti PB - Universitas Negeri Yogyakarta ER -