TY - THES PB - UNY A1 - Rosi, Fathur Y1 - 2015/07/25/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan modul pembelajaran IPA berbasis STM terintegrasi nilai Islam yang layak digunakan dalam pembelajaran IPA di SMP/MTs, dan (2) mengetahui perbedaan sikap spiritual, keterampilan proses dan pemahaman konsep siswa yang menggunakan modul pembelajaran IPA berbasis STM terintegrasi nilai Islam dengan siswa tanpa menggunakan modul pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan mengadaptasi model Borg & Gall (1983). Prosedur meliputi sepuluh langkah yaitu (1) penelitian pendahuluan dan pengumpulan informasi; (2) perencanaan; (3) pengembangan produk awal; (4) validasi produk awal; (5) uji coba terbatas; (6) revisi; (7) uji coba lapangan; (8) revisi; (9) produk utama; (10) diseminasi terbatas. Penelitian bertempat di MTs Negeri Arjasa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar validasi modul pembelajaran, angket, lembar observasi sikap spiritual,penilaian diri sikap spiritual, lembar observasi keterampilan proses sains, dan tes (pre-test dan post-test). Teknik analisis yang digunakan adalah menghitung skor rata-rata yang dikategorisasi dan uji T dengan program SPSS 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) modul pembelajaran IPA berbasis STM terintegrasi nilai Islam layak digunakan berdasarkan validasi ahli modul, guru IPA dan teman sejawat. (2) tidak terdapat perbedaan yang signifikan sikap spiritual antara siswa yang menggunakan modul pembelajaran IPA berbasis STM terintegrasi nilai Islam dengan siswa yang tanpa modul, tetapi terdapat perbedaan yang signifikan pada keterampilan proses dan pemahaman konsep. UR - http://eprints.uny.ac.id/48607/ ID - UNY48607 M1 - tesis TI - Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Berbasis Sains Teknologi Masyarakat Terintegrasi Nilai Islam untuk Meningkatkan Sikap Spiritual, Keterampilan Proses dan Pemahaman Konsep AV - public KW - modul pembelajaran KW - IPA ER -