eprintid: 48583 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 1277 dir: disk0/00/04/85/83 datestamp: 2017-04-07 07:23:37 lastmod: 2019-10-01 11:42:39 status_changed: 2017-04-07 07:23:37 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: WULAN OKTAVIANA, WULAN OKTAVIANA title: LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) ispublished: pub subjects: subject_lppmp divisions: lppmp full_text_status: public monograph_type: project_report keywords: PPL, SMK Negeri 1 Bantul, program abstract: Praktik Pengalaman Lapangan (PPL)/Magang III merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh pihak Universitas Negeri Yogyakarta sebagai suatu kegiatan latihan kependidikan yang bersifat intrakurikuler yang dilaksanakan oleh mahasiswa program studi kependidikan. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang diharapkan dapat menjadi bekal bagi mahasiswa sebagai wahana pembentukan calon guru atau tenaga kependidikan yang profesional yang siap memasuki dunia pendidikan dengan berbagai keilmuan dan pegalaman yang didapat ketika mengajar di lapangan. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) bertujuan memberikan pengalaman nyata kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran dan managerial di sekolah dalam rangka melatih dan mengembangkan ilmu keguruan. Salah satu lokasi yang menjadi sasaran tempat pelaksanaan program PPL pada semester khusus tahun 2016 ini adalah di lingkungan sekolah, yaitu SMK Negeri 1 Bantul. Adapun kegiatan yang dilaksanakan oleh mahasiswa selama pelaksanaan PPL meliputi praktik mengajar. Kegiatan PPL dimulai pada tanggal 15 Juli 2016 sampai dengan 15 September 2016. Pelaksanaan program diisi dengan observasi sekolah, observasi kelas, konsultasi kepada pihak sekolah dan Dosen Pembimbing Lapangan, pembuatan administrasi guru. Mata pelajaran yang diampu oleh penulis adalah administrasi keuangan dan mengampu sebanyak 1 kelas yaitu kelas XI AP2. Total jam pelajaran yang diampu penulis selama 1 minggu adalah 4 jam pelajaran. Dimana mahasiswa terjun langsung bertatap muka di kelas dengan siswa sebagai guru. Dengan diterjunkannya mahasiswa di lingkungan sekolah, diharapkan mahasiswa mendapatkan pengalaman tentang pelaksanaan proses pembelajaran dan kegiatan persekolahan atau kependidikan, sehingga mahasiswa dapat menggunakan pengalamannya sebagai bekal untuk membentuk keprofesionalannya ketika menjadi guru nantinya. Kegiatan PPL yang dilaksanakan selama 2 bulan tersebut memberi banyak manfaat bagi mahasiswa yaitu menambah pengalaman, ilmu pengetahuan, dan wawasan mengenai proses pembelajaran di sekolah dan bentuk interaksi antar warga sekolah. Praktikan mendapat bekal pengalaman dan gambaran yang nyata tentang kegiatan-kegiatan dalam dunia kependidikan. Adanya kerjasama, kerja keras, kedisiplinan, tenaga, dana dan waktu sangat mendukung terlaksanannya program PPL sehingga program kerja PPL ini dapat berjalan dengan baik. date: 2016 date_type: published publication: laporan ppl publisher: LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta institution: Universitas Negeri Yogyakarta refereed: TRUE citation: WULAN OKTAVIANA, WULAN OKTAVIANA (2016) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/48583/1/Wulan%20Oktaviana_13802241005_FE_Pend.Adm.Perkantoran.pdf