%0 Thesis %9 S1 %A Luqman Maulana, Kholif %A Eni Puji Astuti, M.Sn., %B Universitas Negeri Yogyakarta %D 2017 %F UNY:48569 %I Pendidikan Seni Rupa FBS %T PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BATIK TULIS BERBASIS ANDROID UNTUK SISWA KELAS VIII DI SMP N 5 SLEMAN %U http://eprints.uny.ac.id/48569/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep media pembelajaran batik tulis berbasis Android, dan mengembangkan media pembelajaran batik tulis berbasis Android untuk siswa Kelas VIII SMP N 5 Sleman serta mengetahui kelayakan media pembelajaran batik tulis berbasis Android berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, praktisi pembelajaran Seni Budaya dan pendapat dari siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) yang diadaptasi dari model pengembangan Borg and Gall yaitu: 1) Potensi dan Masalah, 2) Pengumpulan data, 3) Desain Produk, 4) Validasi Desain, 5) Revisi Desain, 6) Uji Coba Produk, 7) Revisi Produk, 8) Uji Coba Pemakaian. Validasi dilakukan oleh ahli materi, ahli media, praktisi pembelajaran Seni Budaya yaitu guru SMP N 5 Sleman. Media yang dikembangkan diujicobakan kepada 30 siswa Kelas VIII B SMP N 5 Sleman. Hasil penelitian berupa aplikasi berbasis Android bernama “Batikzania” didalamnya terdapat fitur materi , fitur membatik , fitur permainan, serta fitur evaluasi. Aplikasi tersebut dibuat dengan software Adobe Flash Professional CS 6, kemudian tingkat kelayakan media pembelajaran batik tulis berbasis Android sebagai media pembelajaran berdasarkan penilaian dari ahli materi, mendapat nilai 94,44%, sehingga termasuk dalam kategori “sangat layak”, dari ahli media mendapat nilai 90,21%, sehingga termasuk kategori “sangat layak”, dan dari praktisi pembelajaran seni budaya mendapat nilai 91,94%, sehingga termasuk kategori “sangat layak”. Respon siswa terhadap media ini pada saat dilakukan uji coba rata-rata menunjukkan respon positif dengan mendapatkan presentase ≥70% setiap indikatornya. Dengan demikian media pembelajaran batik tulis berbasis Android ini layak digunakan sebagai media pembelajaran