TY - THES A1 - Roykho, Arnold Friedelm PB - PGSD Y1 - 2017/04/06/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran PKn dengan menggunakan metode diskusi tipe buzz group pada siswa kelas V SD Negeri Suryodiningratan I. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Suryodiningratan I dengan jumlah siswa sebanyak 21 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan lembar tes. Data yang telah terkumpul akan dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada peningkatan terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Suryodiningratan I dengan menggunakan metode diskusi tipe buzz group. Hal tersebut ditunjukkan dengan adanya peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I diperoleh peningkatan hasil belajar dengan nilai rata-rata siswa 73,09, siswa yang mencapai KKM adalah 11 siswa atau 52%, sementara yang tidak mencapai KKM sebanyak 10 siswa atau 48%. Sementara pada siklus II nilai rata-rata yang diperoleh siswa adalah 85,33, siswa yang mencapai KKM sebanyak 19 siswa atau 90% dan yang belum tuntas sebanyak 2 siswa atau 10%. Hasil belajar pada siklus II telah memenuhi indikator keberhasilan karena ?80 siswa sudah mencapai KKM. Kata kunci: Hasil belajar PKn, metode diskusi tipe buzz group. UR - http://eprints.uny.ac.id/48551/ TI - PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI METODE DISKUSI TIPE BUZZ GROUP DI KELAS V SD SURYODININGRATAN I AV - restricted ID - UNY48551 M1 - skripsi ER -