eprintid: 48505 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 1277 dir: disk0/00/04/85/05 datestamp: 2017-04-06 00:47:28 lastmod: 2019-10-01 11:32:48 status_changed: 2017-04-06 00:47:28 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: ANISATUL KHOIRIYYAH, ANISATUL KHOIRIYYAH title: LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN ispublished: pub subjects: subject_lppmp divisions: lppmp full_text_status: public monograph_type: project_report keywords: PPL, Pembelajaran, Pendidik, Anak abstract: Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan proses implementasi ilmu keguruan yang telah didapatkan dari bangku kuliah ke dalam kelas secara nyata. Mahasiswa praktikan dihadapkan langsung dengan lingkungan pendidikan Taman Kanak-Kanak. Kegiatan PPL bertujuan untuk membentuk seorang calon pendidik yang professional. Dimana mahasiswa harus mengetahui bagaimana proses mempersiapkan administrasi pendidik, cara mengajar yang baik, model pembelajaran yang baik, metode pembelajaran yang tepat, serta proses evaluasi dan analisis hasil yang baik. Kegiatan PPL dimulai dengan kegiatan persiapan yang meliputi : pengajaran mikro di kampus, pembekalan PPL, observasi kelas, koordinasi dengan pembimbing di TK dan kegiatan persiapan mengajar di kelas. Setelah semua persiapan selesai barulah kegiatan praktik bisa dilaksanakan. Dalam pelaksanaan praktik mengajar mahasiswa praktikan juga dituntut untuk bisa melakukan evaluasi dan analisis hasil belajar siswa. Kurikulum yang digunakan untuk TK ABA Demakan masih menggunakan kurikulum 2010. Dan pada saat kita Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di TK ABA Demakan kami mahasiswa PPL UNY 2016 menggunakan kurikulum 2013. TK ABA Demakan belum memiliki kelengkapan fasilitas sarana dan prasarana yang memadai. Mahasiswa mendapatkan bimbingan dari sekolah dengan baik serta diberikan kesempatan untuk mengembangkan ilmu dan mendapatkan banyak pengalaman selama kegiatan PPL. Kegiatan PPL dilaksanakan 5 kali terbimbing, 4 kali mengajar mandiri, 4 kali mendampingi dan 4 kali piket. Media maupun alat peraga dibuat dalam ukuran besar agar dapat dilihat oleh seluruh anak dengan baik. Seluruh media dibuat semenarik mungkin agar anak tertarik untuk belajar. Dengan segala kegiatan yang telah kami laksanakan, tidak hanya mengamalkan ilmu pengetahuan yang telah didapat di bangku kuliah tetapi juga mendapatkan ilmu baru dari guru kelas yang memantau langsung selama mahasiswa PPL mengajar. Seluruh rangkaian kegiatan PPL dapat terlaksana dengan baik karena dukungan dan bimbingan serta kerjasama yang baik antara mahasiswa dan sekolah. date: 2016 date_type: published publication: laporan ppl publisher: LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta institution: Universitas Negeri Yogyakarta refereed: TRUE citation: ANISATUL KHOIRIYYAH, ANISATUL KHOIRIYYAH (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/48505/1/ANISATUL%20K_13111244014_PG%20PAUD.pdf