<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "Tindak Tutur Bertanya Guru Bahasa Indonesia dalam Proses Pembelajaran di SMA Muhammadiyah Wonosobo"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan jenis, fungsi, dan isi tindak \r\ntutur bertanya, serta aspek pengetahuan dalam tindak tutur bertanya guru bahasa \r\nIndonesia dalam pembelajaran di SMA Muhammadiyah Wonosobo. \r\nPenelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek pada penelitian ini adalah empat orang guru bahasa Indonesia di SMA Muhammadiyah Wonosobo. \r\nObjek penelitian ini adalah tuturan guru bahasa Indonesia dalam proses pembelajaran. Data penelitian dikumpulkan dengan teknik rekam, wawancara, dan observasi, dan penelitian dianalisis dengan teknik analisis konten. \r\nHasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, ada lima jenis tindak tutur bertanya guru bahasa Indonesia: tuturan bertanya Ya/tidak, embelan, alternatif, retoris, dan tuturan tanya dengan kata tanya. Dari kelima jenis tuturan bertanya tersebut, yang paling banyak muncul adalah tuturan bertanya dengan menggunakan kata tanya. Hal tersebut terjadi dikarenakan dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia guru sering melontarkan pertanyaan-pertanyaan dengan jawaban terbuka terkait materi pelajaran. Kedua, ada lima fungsi tindak tutur bertanya guru dalam pembelajaran: fungsi asertif, fungsi direktif, fungsi \r\nkomisif, fungsi ekspresif, dan fungsi deklaratif. Fungsi asertif yang banyak muncul dalam pembelajaran karena tuturan tanya guru difungsikan untuk menguji/mengingat dan menegaskan. Ketiga, ada tiga isi tindak tutur bertanya \r\nguru bahasa Indonesia dalam pembelajaran: tuturan bertanya konseptual, tuturan bertanya empiris, dan tuturan bertanya nilai. Dari ketiga isi tuturan bertanya tersebut, yang paling banyak muncul adalah tuturan bertanya konseptual, \r\ndikarenakan dalam pembelajaran guru lebih banyak bertanya terkait konsep materi tertentu. Keempat, ada empat aspek pengetahuan dalam tindak tutur bertanya guru bahasa Indonesia dalam pembelajaran: level I-Low Order Convergent, level II-High Order Convergent, level III-Low Order Divergent, dan level IV-High Order Divergent. Dari keempat temuan tersebut, tuturan tanya dengan level I paling banyak muncul."^^ . "2016-12-30" . . . "UNY"^^ . . . "Program Pascasarjana, UNY"^^ . . . . . . . . . "Guntur Sakti"^^ . "Dewangga"^^ . "Guntur Sakti Dewangga"^^ . . . . . . "Tindak Tutur Bertanya Guru Bahasa Indonesia dalam Proses Pembelajaran di SMA Muhammadiyah Wonosobo (Text)"^^ . . . "tesis-guntur-sakti-dewangga-14715251018.swf"^^ . . "HTML Summary of #48459 \n\nTindak Tutur Bertanya Guru Bahasa Indonesia dalam Proses Pembelajaran di SMA Muhammadiyah Wonosobo\n\n" . "text/html" . . . "Bahasa dan Sastra Indonesia"@en . .