TY - RPRT AV - public TI - LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) M1 - project_report ID - UNY48425 UR - http://eprints.uny.ac.id/48425/ N2 - Program PPL ini merupakan salah satu kesempatan bagi mahasiswa, khususnya mahasiswa dari jurusan pendidikan dalam mengamalkan dan mempraktikan serta berbagi ilmu yang telah didapat di bangku kuliah untuk diterapkannya secara nyata di lingkungan sekolah. Tujuan dari kegiatan PPL ini adalah untuk menyiapkan mahasiswa menjadi guru atau tenaga dalam bidang kependidikan yang profesional dan mendapatkan bantuan pemikiran tenaga, ilmu dan teknologi dalam merencanakan serta melaksanakan pengembangan pembelajaran disekolah atau di masyarakat. Sebelum pelaksanaan program kegiatan PPL dilakukan persiapan terlebih dahulu dengan praktik pembelajaran ?Micro Teaching? di bangku perkuliahan. Sedangkan sebelum pelaksanaan program PPL terlebih dahulu diadakan kegiatan observasi ke lapangan yaitu sekolah atau lembaga-lembaga kependidikan yang bersangkutan. Hasil Observasi tersebut kemudian dijadikan sebagai pedoman dalam pembuatan program kerja kelompok maupun individu. Praktikan pada kegiatan PPL Terpadu ini mendapatkan tempat di SMA N Sedayu, Bantul. Kegiatan PPL Terpadu ini memiliki tujuan untuk pelaksanaan program individu serta guna mendapatkan suatu pengalaman mengenai proses pembelajaran dan metode pembelajaran dan metode pembelajaran, serta proses kegiatan yang berkaitan erat dalam dunia kependidikan guna dijadikan sebagai suatu bekal untuk menjadi seorang calon tenaga kependidikan atau guru yang dapat memiliki nilai, sikap, pengetahuan, keterampilan, dan keprofesionalan yang cukup tinggi. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang telah dilaksanakan sangat membantu melatih praktikan dalam menerapkan kemampuannya dan pengetahuannya serta mempraktikkan ilmu yang telah diperoleh selama perkuliahan. Dengan demikian, praktikan diharapkan mempunyai bekal dan pengalaman sebagai calon pendidik yang berkualitas. Dalam kegiatan praktik mengajar di sekolah, secara langsung praktikan dibimbing oleh guru pembimbing dan dosen pembimbing. Praktikan juga berperan dalam kegiatan di sekolah seperti yang dilakukan guru-guru. Dengan adanya pengalaman tentang penyelenggaraan sekolah ini diharapkan praktikan mempunyai bekal untuk menjadi tenaga pendidik yang profesional. Keberhasilan pelaksanaan PPL ini hendaknya disikapi oleh pihak Universitas Negeri Yogyakarta dengan mempertahankan dan meningkatkan jalinan komunikasi dan kerjasama dengan SMA N 1 Sedayu Y1 - 2016/// A1 - Fajar Yahya, Fajar Yahya PB - LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta ER -