%A WANGID, M. Si Dr. MUH. NUR %A Muhtadi Ali %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan karakter peduli lingkungan siswa antara kelas yang diajar dengan menggunakan problem based leaning dan kelas yang tidak menggunakan problem based leaning dan (2) pengaruh penerapan problem based learning terhadap Karakter peduli lingkungan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Sawahan Bantul, SD Semanu 3 Gunungkidul, dan SD Kemirirejo Magelang. Pada kelas eksperimen, dilaksanakan dengan model problem based learning, sedangkan pada kelas kontrol dengan pembelajaran yang biasa digunakan oleh guru. Instrumen yang digunakan adalah (1) observasi karakter peduli lingkungan(2) skala penilaian untuk perangkat yang digunakan. Analisis data menggunakan (1) statistik deskriptif untuk mendeskripsikan data karakter peduli lingkungan, dan (2) statistik inferensial dengan menggunakan uji t sampel berbasangan untuk menguji hipotesis penelitian dengan taraf signifikansi 5% (α = 0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)terdapat karakter peduli lingkungan siswa yang signifikan antara kelas yang diajar dengan menggunakan problem based leaning dan kelas yang diajar dengan menggunakan pembelajaran biasa, dengan nilai sig. 0,000; (3) penerapan problem based learning berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap karakter peduli lingkungan, dengan nilai sig 0,000. %T PENGGGUNAAN PERANGKAT PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN %K Problem based learning, , karakter peduli lingkungan, %D 2016 %O Laporan Penelitian Unggulan Perguruan Tinggi 2016 %L UNY48412 %J Artikel Penelitian Unggulan Perguruan Tinggi