TY - JOUR UR - http://eprints.uny.ac.id/48359/ ID - UNY48359 AV - public KW - buku ajar KW - pendekatan kontekstual KW - matematika KW - SMK TI - PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK PEMBELAJARAN DI SMK A1 - Mahmudi, Ali A1 - Sugiman, Sugiman A1 - Lestari, Himmawati Puji A1 - Hernawati, Kuswari N1 - Laporan Penelitian Unggulan Perguruan Tinggi 2016 N2 - Matematika merupakan salah satu mata pelajaran wajib di setiap jenjang sekolah, termasuk di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Matematika mempunyai peranan penting dalam upaya penguasaan ilmu dan pengembangan teknologi. Dengan demikian, penguasaan matematika yang baik akan mendorong kemajuan IPTEK. Kompetensi yang harus dikuasai siswa diharapkan dapat dicapai melalui proses pembelajaran yang dirancang dengan baik. Salah satu faktor yang mempengaruhi proses pembelajaran adalah bahan ajar. Salah satu kriteria yang digunakan untuk menilai kualitas bahan ajar adalah jika bahan ajar tersebut memenuhi kriteria tertentu, yaitu valid, praktis, dan efektif. Aspek validitas berkaitan dengan kesesuaian bahan ajar yang dikembangkan dengan teori-teori yang mendukung. Aspek kepraktisan berkaitan dengan kemudahan bahan ajar dipraktikkan dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Sedangkan aspek efektivitas berkaitan dengan ketercapaian tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku ajar matematika dengan pendekatan kontekstual untuk pembelajaran di SMK kelompok teknologi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE, yaitu Analysis (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar penilaian buku ajar, angket respon siswa terhadap buku ajar, dan angket kepraktisan penggunaan buku ajar oleh guru, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian berupa buku ajar matematika dengan pendekatan kontekstual untuk pembelajaran di SMK kelas XI yang memenuhi kriteria valid, efektif, dan praktis. Y1 - 2016/// JF - Artikel Penelitian Unggulan Perguruan Tinggi ER -