eprintid: 48340 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 1277 dir: disk0/00/04/83/40 datestamp: 2017-03-27 08:53:17 lastmod: 2019-10-01 11:40:06 status_changed: 2017-03-27 08:53:17 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: SISKA ELOK KUSUMA DEWI, SISKA ELOK KUSUMA DEWI title: LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN ispublished: pub subjects: subject_lppmp divisions: lppmp full_text_status: public monograph_type: project_report keywords: PPL, KegiatanPembelajaran abstract: Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan dalam rangka untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan kemampuan yangdi miliki oleh mahasiswa dalam proses belajar mengajar sesuai dengan bidang keahlian masing- masing. Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) di laksanakan pada tanggal 15 Juli sampai 15 September 2016 di SMA N 3 Bantul Yogyakarta. Kegiatan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) mampu memberikan pengalaman bagi mahasiswa dalam bidang pembelajaran dan juga managerial sekolah seperti mengenal secara utuh lingkungan fisik, sosial, administrasi dan akademik sekolahdalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi pedagogic, profesionalitas serta kepribadian yang di miliki, serta memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengamati, mengenal dan juga mempelajari setiap permasalahan yang ada disekolah. Sebelum melaksanakan kegiatan PPL, mahasiswa terlebih dahulu harus melewati beberapa tahap yaitu pertama observasi ke sekolah dengan melihat secara langsung KBM yang dilakukan oleh guru bidang studi sosiologi. Kegiatan mengajar dilakukan di kelasXI IPS 1sesuai kebijakan yang diberikan oleh guru pembimbing. Dalam praktek mengajar ini dilakukan berbagai persiapan mulai dari tahap persiapan seperti penyusunan Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, dan Evaluasi.Hasil yang diperoleh praktikan setelah melaksanakan kegiatan PPL ini adalah memperoleh pengalaman bagaimana cara mengajar yang baik dan cara mengatasi berbagai permasalahan dalam proses pembelajaran di kelas. Selain itu pelaksanaan PPL dirasa dapat memberikan bekal pada praktikan mengenai bagaimana menjadi guru yang memiliki dedikasi dan loyalitas pada instansi. Pembelajaran yang mampu berlangsung secara optimal adalah sesuatu hal penting yang harus dicapai dan tidak bisa disepelekan. date: 2016 date_type: published publication: laporan ppl publisher: LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta institution: Universitas Negeri Yogyakarta refereed: TRUE citation: SISKA ELOK KUSUMA DEWI, SISKA ELOK KUSUMA DEWI (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/48340/1/24%29.%2013413244016_Siska%20Elok%20Kusuma%20Dewi.pdf