@techreport{UNY48337,
            type = {Project Report},
            year = {2016},
       publisher = {LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta},
     institution = {Universitas Negeri Yogyakarta},
         journal = {laporan ppl},
           title = {LAPORAN INDIVIDU
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)},
          author = {Ardika Kurniandaru Ardika Kurniandaru},
        abstract = {Universitas Negeri Yogyakarta merupakan sebuah Universitas yang melahirkan
generasi pendidik. Hal tersebut didukung dengan usaha peningkatan efisiiensi dan
kualitas penyelenggaraan proses pembelajaran melalui mata kuliah lapangan dan
Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Program kegiatan PPL dilakukan untuk
mengembangkan kompetensi mahasiswa sebagai calon guru atau lembaga
kependidikan. Program-program yang dikembangkan dalam pelaksanaan PPL
difokuskan pada komunitas sekolah yang mencakup civitas internal sekolah (guru,
karyawan, siswa, dan Komite Sekolah). Program PPL dilaksanakan untuk mengasah
4 kompetensi guru yang harus ada, meliputi kompetensi pedagogis, kompetensi
kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional.
Program PPL UNY menjalin kerjasama dengan berbagai lembaga sekolah,
salah satunya SMAN 3 Bantul yang beralamat di Gaten, Trirenggo, Bantul. Kegiatan
pelaksanaan praktik pengalaman lapangan, berupa praktik pengembangan
pembelajaran dan sumber belajar. Selain itu, mahasiswa dituntut untuk mengetahui
dan belajar untuk memenuhi berbagai administrasi guru, diantaranya RPP, Prota,
Prosem, Penilaian, dll. Selain itu inovasi mengajar dan media pembelajaran
merupakan hal yang di kembangkan dalam Praktik Pengalaman Lapangan.
Pembuatan dan penggunaan media yang tepat dan menarik, dan penggunaan metode
yang kontekstual sesuai keadaan siswa dan telah menerapkan Kurikulum 2013. Hal
tersebut berkaitan dengan mata pelajaran sejarah yang merupakan mata pelajaran
membosankan dan identik dengan hapalan. Sehingga inovasi pembelajaran sangat
dibutuhkan untuk mendukung kegiatan belajar mengajar yang ideal.
Secara umum, dengan adanya kegiatan praktik pengalaman lapangan (PPL)
dapat menjadi bekal pengetahuan dan keterampilan praktis agar dapat melaksanakan
program dan tugas-tugasnya di sekolah. Selain itu, melalui Praktik pengalaman
Lapangan menjadikan calon pendidik memiliki wawasan tentang pengelolaan dan
pengembangan lembaga pendidikan. Selain itu kegiatan ini dapat melatih mahasiswa
agar memiliki pengalaman nyata tentang proses belajar mengajar sesunggunya,
meningkatkan ketrampilan, kemandirian, tanggungjawab, dan kemampuan dalam
menyelesaikan masalah serta memberi bekal untuk mengembangkan diri sebagai
calon tenaga pendidik yang profesional di bidangnya. Serangkaian kegiatan PPL
UNY 2016 di SMAN 3 Bantul memberikan kontribusi positif terhadap kemajuan
pribadi mahasiswa.},
        keywords = {PPL, SMAN 3 Bantul},
             url = {http://eprints.uny.ac.id/48337/}
}