?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.relation=http%3A%2F%2Feprints.uny.ac.id%2F48331%2F&rft.title=LAPORAN+INDIVIDU%0D%0APRAKTIK+PENGALAMAN+LAPANGAN+(PPL)&rft.creator=Shinta+Hanifati%2C+Shinta+Hanifati&rft.subject=LPPMP&rft.description=Universitas+Negeri+Yogyakarta+(UNY)+sebagai+salah+satu+lembaga+yang%0D%0Amenghasilkan+tenaga+kependidikan+telah+berusaha+meningkatkan+kualitas+pendidikan%0D%0Aagar+mampu+menghasilkan+lulusan+yang+lebih+baik+dan+lebih+profesional.+Salah+satu%0D%0Amodel+yang+dipilih+adalah+pelaksanaan+PPL+(Praktik+Pengalaman+Lapangan)+secara%0D%0Aterbimbing.+PPL+memiliki+misi+untuk+membentuk+dan+meningkatkan+calon+tenaga%0D%0Apendidik+yang+profesional.+Praktik+pengalaman+lapangan+ini+bertujuan+mendapatkan%0D%0Apengalaman+tentang+proses+pembelajaran+dan+kegiatan+persekolahan+lainnya+yang%0D%0Adigunakan+sebagai+bekal+untuk+menjadi+calon+tenaga+pendidik.+Praktikan+diharapkan%0D%0Amampu+untuk+memiliki+nilai%2C+sikap%2C+pengetahuan+dan+keterampilan+yang+dibutuhkan%0D%0Asebagai+seorang+pendidik.%0D%0APelaksanaan+kegiatan+PPL+dilakukan+selama+dua+bulain+yaitu+dimulai+sejak%0D%0Atanggal+15+Juli+sampai+15+September.+Salah+satu+tempat+kegiatan+Praktik+Pengalaman%0D%0ALapangan+(PPL)+ialah+di+SMA+Negeri+3+Bantul+yang+terletak+di+Kabupaten+Bantul.%0D%0APada+tahap+persiapan%2C+mahasiswa+melakukan+observasi+untuk+mengetahui+kondisi%0D%0Alingkungan+sekolah+dan+proses+pembelajaran+yang+dilakukan+di+dalam+kelas.%0D%0AKemudian+mahasiswa+mempersiapkan+perangkat+pembelajaran+guna+praktik+secara%0D%0Alangsung+untuk+mengajar+di+kelas.+Dalam+pelaksanaan%2C+mahasiswa+telah+mengajar%0D%0Asebanyak+40+kali+di+kelas+X+IPA+1%2C+X+IPA+2%2C+X+IPA+3%2C+dan+X+IPA+4.+Alokasi+waktu%0D%0Amengajar+setiap+kelas+adalah+3+jam+pelajaran+per+minggunya.+Berdasarkan+hasil%0D%0Apraktik+mengajar%2C+mahasiswa+telah+menyelesaikan+2+bab+materi+pembelajaran+fisika%2C%0D%0Ayaitu+Pengukuran+dan+Vektor.+Pada+kegiatan+evaluasi%2C+mahasiswa+telah+melakukan%0D%0AUlangan+Harian%2C+Remidi%2C+dan+Pengayaan+untuk+bab+Pengukuran.+Sedangkan+untuk%0D%0Abab+Vektor%2C+mahasiswa+hanya+memberikan+lembar+kerja%2Fdiskusi+peserta+didik+saja%0D%0Amengingat+keterbatasan+waktu.+Kegiatan+PPL+diakhiri+dengan+kegiatan+penarikan%0D%0Aoleh+pihak+UNY+kepada+pihak+sekolah.%0D%0ABerdasarkan+kegiatan+PPL+yang+telah+dilakukan%2C+mahasisawa+dapat%0D%0Amelakukan+kegiatan+PPL+dengan+baik+dengan+di+bantu+oleh+beberapa+pihak%0D%0Adiantaranya+guru+pembimbing%2C+dosen+pembimbing%2C+peserta+didik%2C+dan+teman-teman%0D%0APPL+liannya.+Kegiatan+PPL+telah+memberikan+pengalaman+yang+nyata+tentang%0D%0Akegiatan+praktik+mengajar+secara+langsung+di+sekolah+dengan+kondisi+peserta+didik%0D%0Ayang+memiliki+karakter+yang+berbeda-beda.+Hal+ini+mampu+meningkatkan%0D%0Akemampuan+mahasiswa+dalam+mempersiapkan+diri+sebagai+calon+tenaga+pendidik%0D%0Ayaitu+seorang+guru+yang+memiliki+kredibilitas+dan+kualitas+yang+baik.&rft.publisher=LPPMP%2C+Universitas+Negeri+Yogyakarta&rft.date=2016&rft.type=Monograph&rft.type=PeerReviewed&rft.format=text&rft.language=en&rft.identifier=http%3A%2F%2Feprints.uny.ac.id%2F48331%2F1%2F15%2529.%252013302244012_Shinta%2520Hanifati.pdf&rft.identifier=++Shinta+Hanifati%2C+Shinta+Hanifati++(2016)+LAPORAN+INDIVIDU+PRAKTIK+PENGALAMAN+LAPANGAN+(PPL).++Project+Report.+LPPMP%2C+Universitas+Negeri+Yogyakarta.+++++