eprintid: 48230 rev_number: 32 eprint_status: archive userid: 1277 dir: disk0/00/04/82/30 datestamp: 2017-03-22 07:40:13 lastmod: 2019-10-01 11:42:59 status_changed: 2017-03-22 07:40:13 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: Windy Septiana Mulyatiningrum, Windy Septiana Mulyatiningrum title: LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SMP NEGERI 1 PIYUNGAN ispublished: pub subjects: subject_lppmp divisions: lppmp full_text_status: public monograph_type: project_report keywords: PPL IPA, Program PPL, Observasi, Persiapan, Pelaksanaan, Evaluasi abstract: Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kesempatan bagi mahasiswa untuk mempraktikkan beragam teori yang mereka terima di bangku kuliah. Pada saat kuliah, mahasiswa menerima ilmu yang bersifat teoritis. Oleh karena itu, pada saat PPL ini mahasiswa berkesempatan mengaplikasikan teori-teori tersebut dan sekaligus menimba ilmu secara empirik, tidak sekadar mengetahui suatu teori, tetapi lebih jauh lagi mereka juga memiliki kemampuan untuk menerapkan teori tersebut, tidak hanya dalam situasi simulasi tetapi dalam situasi sesungguhnya. Kegiatan PPL Universitas Negeri Yogyakarta tahun 2016 yang berlokasi di SMP N 1 Piyungan dilaksanakan pada tanggal 15 Juli – 15 September 2016. Pada tahap persiapan, praktikan melakukan konsultasi dengan guru pembimbing, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), dan observasi peserta didik serta kondisi fisik sekolah. Dalam pelaksanaan PPL, mahasiswa PPL mendapat kesempatan mengajar kelas VIII G dan VIII H pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Jumlah jam pelajaran sebanya 5 jam pelajaran 40 menit perkelas setiap minggunya.. Banyak hal yang didapat dari PPL di SMP Negeri 1 Piyungan, terutama memberikan pengalaman pada mahasiswa dalam bidang manajerial, keilmuan, serta kemampuan pedagogi. Dalam kegiatan PPL di SMP Negeri 1 Piyungan, mahasiswa PPL mendapat kesempatan untuk mengajar kelas VIII A dan kelas VIII B pada mata pelajaran IPA (Ilmu Pengetahuan Alam). Jumlah jam pelajaran sebanyak 6 jam pelajaran per kelas setiap minggunya. Banyak Hasil yang diperoleh mahasiswa dari kegiatan PPL ini yaitu mendapatkan pengalaman nyata secara langsung di lapangan mengenai perencanaan, penyusunan perangkat, proses pembelajaran, evaluasi pembelajaran, dan pengelolaan kelas. Mahasiswa telah dapat mengaplikasikan dan mengembangkan ilmu serta keterampilan yang dimiliki sesuai dengan program studi masing-masing, khususnya dalam bidang studi Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). date: 2016 date_type: published publication: LAPORAN PPL publisher: LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta institution: Universitas Negeri Yogyakarta refereed: TRUE citation: Windy Septiana Mulyatiningrum, Windy Septiana Mulyatiningrum (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SMP NEGERI 1 PIYUNGAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/48230/1/BAB%20123.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/48230/2/COVER%2C%20PENGESAHAN%2C%20Abstrak.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/48230/3/SILABUS.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/48230/4/REKAPITULASI%20SERAPAN%20DANA.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/48230/5/Matriks%20Program%20Kerja%20PPL.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/48230/6/kartu%20bimbingan.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/48230/7/DOKUMENTASI%20KEGIATAN%20PPL%202016.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/48230/8/CATATAN%20HARIAN%20PPL.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/48230/9/1%20RPP%20Gerak%20Manusia.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/48230/10/2%20LKPD%20Gerak%20Manusia.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/48230/11/3%20Tabel%203%20Otot.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/48230/12/4%20Kisi-kisi%20UH%201.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/48230/13/5%20Soal%2C%20kunci%20UH%201.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/48230/14/6%20Analisis%20kelas%20G.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/48230/15/7%20Analisis%20kelas%20H.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/48230/16/8%20RPP%20Gerak%20tumbuhan.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/48230/17/9%20RPP%20Gerak%20benda.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/48230/18/10%20LKPD%20gerak%20tumbuhan.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/48230/19/11%20LKPD%20gerak%20benda.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/48230/20/12%20Latihan%20soal.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/48230/21/13%20Kisi-kisi%20UH2.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/48230/22/14%20soal%2C%20kinci%20UH.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/48230/23/15%20Analisis%20butir%20soal%208%20G.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/48230/24/16%20Analisis%20hasil%208H.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/48230/25/17%20Analisis%20hasil%208G.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/48230/26/18%20Analisis%20butir%20soal%208H.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/48230/27/19%20Rekap%20nilai%20pengetahuan%208GH.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/48230/28/21%20Rekap%20nilai%20ketrampilan%208H.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/48230/29/22%20Rekap%20nilai%20ketrampilan%208G.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/48230/30/DAFTAR%20HADIR%20SISWA.pdf