@techreport{UNY48220, type = {Project Report}, year = {2016}, publisher = {LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta}, journal = {Laaporan ppl}, institution = {Universitas Negeri Yogyakarta}, title = {LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA}, author = {RATIH PUTRI KESUMASARI RATIH PUTRI KESUMASARI}, url = {http://eprints.uny.ac.id/48220/}, abstract = {Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah praktik pengalaman kerja di sekolah secara langsung. PPL ini diberikan guna memberikan sebuah pengalaman mengajar kepada mahasiswa untuk menghadapi dunia kerja kelak. Diharapkan melalui kegiatan PPL ini mahasiswa dapat mengembangkan keterampilannya terutama keterampilan kompetensi yang diperlukan dibidangnya. Sehingga, dapat tercipta mahasiswa yang tidak hanya baik di dalam akademiknya akan tetapi juga pada praktik secara nyata di lapangan. Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) mahasiswa UNY dilaksanakan mulai dari tanggal 18 Juli 2016 sampai dengan 17 September 2016. Lokasi yang menjadi tempat PPL adalah di SD Negeri Percobaan 3 yang terletak di Jln. Kaliurang Km 17, Sukunan, Pakembinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta. Kegiatan PPL diawali dengan melakukan observasi sekolah, dimana observasi ini dilakukan pada minggu perta sertelah penerjunan. Pada praktiknya, kegiatan PPL dapat dibagi menjadi beberapa tahapan, yaitu persiapan, pelaksanaan, serta evaluasi dan tindak lanjut. Mahasiswa melakukan 4 kali praktik mengajar terbimbing, 4 kali praktik mengajar mandiri dan 2 kali ujian praktik mengajar. Adapun kelas yang digunakan sebagai tempat mengajar adalah di kelas I, II, III, IV dan V. Setiap kali sebelum mahasiswa mengajar, mahasiswa mempersiapkannya segala yang diperlukan dengan melakukan observasi dan menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), mengkonsultasikan RPP kepada guru pembimbing, kemudian setelah selesai mengajar mahasiswa melakukan kegiatan evaluasi berupa konsultasi dengan guru pembimbing mengenai kegiatan belajar mengajar yang telah dilakukan. Selain praktik mengajar, mahasiswa juga memiliki program kerja individu yaitu Lomba Pendidikan dengan kategori lomba olahraga voli. Peserta lomba ini adalah guru, karyawan dan mahasiswa PPL. Dari pelaksanaan kegiatan PPL di SD Negeri Percobaan 3 maka dapat disimpulkan bahwa dari kegiatan PPL ini mahasiswa mendapatkan pengalaman dalam pengembangan kompetensi di bidang pendidikan khususnya dalam proses belajar mengajar, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan ilmu, pengetahuan, dan keterampilan yang telah dipelajari selama di kampus ke dalam proses pembelajaran di sekolah, serta menjalin hubungan kemitraan yang baik antara UNY dengan SD Negeri Percobaan 3. Pihak sekolah juga dituntut untuk menjalankan lembaganya secara profesional seperti konsolidasi kegiatan belajar mengajar, kualitas guru yang baik, menjalin hubungan yang baik antar personal, melengkapi sarana dan prasarana serta tertib administrasi guna mewujudkan output yang baik.} }