%0 Journal Article %A Tien, Aminatun %A Bambang, Subali %A LPPM UNY, %D 2016 %F UNY:48194 %J Artikel Penelitian Hibah Pascasarjana %K modul pembelajaran biologi, andorid mobile, ekosistem, ekosistem lokal daerah,keterampilan berpikir, siswa SMA %T PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS ANDROID MOBILE MATERI EKOSISTEM LOKAL DAERAH UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR SISWA SMA %U http://eprints.uny.ac.id/48194/ %X Ekosistem Indonesia merupakan aset yang dapat dipergunakan sebesarbesarnya bagi kemakmuran masyarakatnya. Namun, tentu saja potensi tersebut hanya akan menjadi potensi semata apabila tidak dieksplorasi dan dimanfaatkan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan mendekatkan akademisi dan siswa seawal mungkin dengan potensi lokal melalui sumber belajar alamiah di dalam pembelajaran. Namun, dalam realitanya, pembelajaran Biologi minim dengan contoh-contoh fenomena ekosistem nyata yang berada di sekitar ruang belajar siswa. Seiring dengan diimplementasikannya kurikulum 2013, terdapat peluang yang besar untuk semakin menambah khasanah sumber belajar dari fenomena alam ekosistem lokal dengan bantuan teknologi dan media belajar yang efektif. Tujuan dari pengembangan modul ini yaitu agar siswa semakin sering menemukan potensi dari fenomena lingkungan di sekitarnya melalui pembelajaran di sekolah, sehingga muncul daya kritis untuk terus menggali fakta dan temuan ilmiah dari fenomena alam di sekitarnya. Penelitian ini mengembangkan suatu modul pembelajaran Biologi berbasis Android Mobile yang dapat diakses kapan dan di mana saja. Android dipilih karena system operasi buatan Google ini paling banyak digunakan di seluruh dunia termasuk Indonesia. Pengembangan modul pembelajaran berbasis Android mobile menggunakan model pendekatan Design Development Research Richey & Klein. Pelaksanaan peneltian terdiri dari langkah langkah sebagai berikut: mengidentifikasi masalah, merumuskan tujuan penelitian, merancang dan mengembangkan produk, menguji dan mengevaluasi, mengomunikasikan hasil uji. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan pedoman wawancara, lembar validasi modul pembelajaran berbasis keterampilan proses, angket, lembar observasi, dan tes (pre-test dan posttest). Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dan uji beda. Hasil penelitian menunjukan modul pembelajaran biologi berbasis android mobile efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir peserta didik, hal ini ditunjukkan dengan pengaruh yang signifikan antara skor pra perlakuan terhadap skor pasca perlakuan yaitu p<0,05; F=6,215. %Z Laporan Penelitian Hibah Pascasarjana 2016