%0 Thesis %9 S1 %A Lutfiana, Farah %B Fakultas Ilmu Pendidikan %D 2017 %F UNY:48125 %I PGSD %T PENDIDIKAN SIKAP KEPEMIMPINAN SISWA DI SD IT LUQMAN AL HAKIM INTERNASIONAL YOGYAKARTA %U http://eprints.uny.ac.id/48125/ %X Pendidikan sikap kepemimpinan penting bagi siswa untuk mengahadapi tantangan zaman. Beberapa sekolah belum terdapat pendidikan sikap kepemimpinan di jenjang sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pendidikan sikap kepemimpinan siswa di SD IT Luqman Al Hakim Internasional Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas IIA, siswa kelas VA, guru kelas IIA dan VA, guru pendamping DKS, dan kepala SD IT Luqman Al Hakim Internasional. Adapun objek penelitian ini adalah pendidikan sikap kepemimpinan siswa di dalam kelas dan di luar kelas. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengambilan subjek menggunakan teknik purposive. Analisis data menggunakan teknik analisis model interaktif Miles and Huberman (pengumpulan data, reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan). Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan sikap kepemimpinan menjadi penting untuk diterapkan sejak sekolah dasar melalui keteladanan dan pembiasaan. Pendidikan sikap kepemimpinan diberikan di dalam dan di luar kelas. Di dalam kelas melalui proses pembelajaran yang terdapat di dalam PBL terutama saat kerja kelompok dan morning motivation. Sedangkan di luar kelas melalui program sekolah yang dinamakan DKS (Dewan Kehormatan Sekolah). Adapun sikap yang dominan muncul dari pendidikan sikap kepemimpinan tersebut adalah 1) berani, 2) disiplin, 3) bertanggung jawab, 4) dapat mempengaruhi perilaku orang lain, 5) percaya diri, 6) memiliki inisiatif dan kepekaan terhadap suatu masalah, 7) dapat bekerjasama dengan orang lain, dan 8) jujur. Kata Kunci: pendidikan dan sikap kepemimpinan siswa.