%0 Thesis %9 S1 %A Mnuwom, Yolanda Yunita %B Fakultas Ilmu Pendidikan %D 2017 %F UNY:48073 %I PGSD %T PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR IPS MELALUI PENGGUNAAN LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA SISWA KELAS III B SD SAWIT BANTUL YOGYAKARTA %U http://eprints.uny.ac.id/48073/ %X Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar IPS pada siswa kelas III B SDNegeri Sawit, Bantul, Yogyakarta dengan Penggunaan lingkungan sebagai sumber belajar. Jenis Penelitianini adalah penelitian tindakan kelas dengan pola kolaboratif. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III B SD N Sawit Bantul yang berjumlah 15 siswa, 7 siswa laki-laki dan 8 perempuan. Objek penelitian ini yaitu motivasi belajar IPS siswa kelas III. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan metode angketdan observasi. Validitas teknik analisis data menggunakan analisis data deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitati. Indikator keberhasilan ini ditandai dengan semua indikator motivasi belajar IPS tergolong tinggi. Hasil penelitia nmenunjukkan bahwa penggunaan lingkungan sebagai sumber belajar yang digunakan dapat meningkatkan motivasi belajar IPS siswa kelas IIIB SD N Sawit Bantul. Hal ini ditunjukan dengan subyek penelitian aktif dan antusiasi dalam mengikuti pembelajaran IPS. Motivasi siswa dapat dilihat melalui hasil angket pra tindakan yang menunjukan pada kategori cukup. Setelah menggunakan lingkungan sebagai sumber belajar pada siklus I indikator motivasi belajar IPS yang tercapai kategori tinggi, setelah melaksanakan siklus II semua indikator motivasi belajar dapat tercapai dalam kategori sangat tinggi. Kata kunci: motivasi belajar IPS, penggunaan lingkungan