eprintid: 48068 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 1277 dir: disk0/00/04/80/68 datestamp: 2017-03-15 06:40:59 lastmod: 2019-10-01 11:35:02 status_changed: 2017-03-15 06:40:59 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: Dyah Uswatun, Dyah Uswatun title: LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL UNY 2016) ispublished: pub subjects: subject_lppmp divisions: lppmp full_text_status: public monograph_type: project_report keywords: PPL, TK PKK Marsudisiwi, Program Kerja abstract: Pengalaman lapangan berupa mata kuliah Praktik Pengalaman Lapangan merupakan salah indikator yang diharapkan dapat menjadi cermin kemampan profesisional calon guru. Pelaksanaan prakik pengalaman lapangan ini diharapkan dapat membentuk pengalaman awal proses pembelajaran akademis maupun non akademis yang nyata di lapangan bagi mahasiswa calon guru. Pengalaman awal tersebut berupa pengalaman mengajar, pengalaman berinteraksi dengan peserta didik baik dalam kapasitas pembelajaran maupun kapasitas pembentukan karakter, memperluas wawasan, melatih dan mengembangkan ketrampilan, kemandirian, tanggung jawab, dedikasi, dan kemampuan memecahkan masalah nyata di lapangan. Penyelanggaraan kegiatan PPL ini dilaksanakan di sekolah atau lembaga yang sudah ditentukan untuk meningkatkan produktivitas tenaga pendidik, khususnya mahasiswa dalam segi kualitas. Program PPL PG PAUD UNY Tahun 2016 di TK PKK Marsudisiwi yang beralamat di Gunung kelir Pleret, Pleret, Bantul pada tanggal 15 Juli sampai dengan 15 September 2016 dengan beranggotakan 11 (sebelas) mahasiswa. Pelaksanaan praktik pengalaman lapangan berdasarkan rancangan kegiatan yang telah dibuat meliputi observasi pembelajaran, persiapan pembelajaran, konsultasi dengan guru pembimbing, konsultasi DPL PPL, praktik mengajar, penilaian, dan ujian PPL. Pelaksanaan progam PPL yang meliputi progam pengajaran di sekolah, kegiatan pengajaran dilakukan di 2 kelas yaitu kelas A dengan jumah siswa 8 dan kelas B dengan jumlah siswa 13. Masing masing mahasiswa memiliki kesempatan mengajar sebanyak 14 kali yaitu 7 kali kelas A dan 7 kali kelas B yang meliputi 12 kali terbimbing dan 2 kali ujian. Program PPL dapat memberikan wawasan yang dapat menjadi bekal bagi mahasiswa untuk mengembangkan potensi yang dimilikinya khususnya Pendidikan Anak Usia Dini. Sedangkan untuk program non pengajaran meliputi pendampingan perlengkapan administrasi sekolah, pendampingan administrasi kelas, pendampingan kegiatan ekstrakurikuler, open house, parenting, tamanisasi, field trip, lomba kemerdekaan, senam, kesehatan anak, cooking day, pengadaan tiang bendera, kerja bakti, upacara, dan perpisahan. Program Praktik lapangan juga merupakan sarana bagi mahasiswa untuk mengaplikasikan teori yang telah didapat selama menimba ilmu di bangku kuliah. date: 2016 date_type: published publication: LAPORAN PPL publisher: LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta institution: Universitas Negeri Yogyakarta refereed: TRUE citation: Dyah Uswatun, Dyah Uswatun (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL UNY 2016). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/48068/1/13111241018%20DYAH%20USWATUN.pdf