eprintid: 48064 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 1277 dir: disk0/00/04/80/64 datestamp: 2017-03-15 06:10:17 lastmod: 2019-10-01 11:35:44 status_changed: 2017-03-15 06:10:17 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: Fitasari Nur Kusuma Wardhani, Fitasari Nur Kusuma Wardhani title: LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL UNY 2016) ispublished: pub subjects: subject_lppmp divisions: lppmp full_text_status: public monograph_type: project_report keywords: PPL, Pengajaran abstract: Praktik Pengalaman Lapangan merupakan salah satu mata kuliah yang wajib diambil dan ditempuh oleh mahasiswa program pendidikan (S1) untuk memperoleh gelar sarjana dari setiap jurusan kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) untuk mencari pengalaman secara langsung dan menerapkan ilmu dan juga teori-teori yang telah didapat selama menimba ilmu di bangku perkuliahan. Penyelanggaraan kegiatan PPL ini dilaksanakan di sekolah atau lembaga yang sudah ditentukan untuk meningkatkan produktivitas tenaga pendidik, khususnya mahasiswa dalam segi kualitas. Pada PPL kali ini mahasiswa PG-PAUD memilih salah satu TK yang akan digunakan untuk praktik pengalaman lapangan yaitu di TK PKK Marsudisiwi yang terletak di Dusun Gunung Kelir Desa Pleret Kecamatan Pleret Kabupaten Bantul Kota Daerah Istimewa Yogyakarta. Kegiatan PPL ini dilaksanakan dari tanggal 15 Juli sampai dengan 15 September 2016. Tujuan dari diadakannya kegiatan PPL di TK PKK Marsudisiwi ini adalah untuk menambah pengalaman mengajar secara langsung kepada mahasiswa dan mengembangkan kemampuan yang dimilikinya yang dapat bermanfaat untuk kedepannya. Selain itu kegiatan PPL ini bertujuan untuk menggali ilmu sebanyak-banyaknya dari pengalaman yang telah dilakukan selama 2 bulan mengajar di TK PKK Marsudisiwi dan juga menambah kreatifitas mahasiswa dalam membuat media pembelajaran yang akan digunakan untuk mengajar. Kegiatan PPL ini pertama kali dilakukan dengan melakukan observasi beberapa kali sehingga lebih tau bagaimana TK PKK Marsudisiwi ini sebenarnya. Observasi ini dilakukan di lingkungan sekolah yaitu didalam kelas dan juga diluar kelas. Setelah itu mahasiswa PPL mulai mengajar didua tempat yaitu di Kelompok A yang berjumlah 8 anak dan juga di Kelompok B yang berjumlah 13 anak dengan bergantian dan tiap kelasnya diisi oleh 3 mahasiswa PPL. Masing-masing mahasiswa memiliki 14 kesempatan mengajar yaitu 7 kali di Kelompok A dan 7 kali di Kelompok B yang meliputi 12 kali mengajar dengan mandiri dan terbimbing dan 2 kali mengajar untuk ujian PLL yang dilaksanakan di TK PKK Marsudisiwi yang berjalan dengan lancar dan baik dengan bantuan kepala sekolah, guru kelas dan juga dosen pembimbing. date: 2016 date_type: published publication: LAPORAN PPL publisher: LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta institution: Universitas Negeri Yogyakarta refereed: TRUE citation: Fitasari Nur Kusuma Wardhani, Fitasari Nur Kusuma Wardhani (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL UNY 2016). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/48064/1/13111241008%20FITASARI%20NUR%20KUSUMA%20W.pdf