%0 Thesis %9 S1 %A Relinda, Rini %B Fakultas Ilmu Pendidikan %D 2017 %F UNY:48046 %I PGSD %T PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI PENERAPAN METODE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION DI SISWA KELAS V SD NEGERI SAWIT %U http://eprints.uny.ac.id/48046/ %X Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran membaca pemahaman dan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V SD Negeri Sawit dengan penerapan metode CIRC. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (Action Research). Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Sawit yang berjumlah 29 siswa. Objek penelitian tindakan kelas ini adalah keterampilan membaca pemahaman melalui penerapan metode CIRC. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis data pembelajaran keterampilan membaca pemahaman melalui penerapan metode CIRC dapat: 1) peningkatan proses pembelajaran membaca pemahaman 2) meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V SD Negeri Sawit. Peningkatan proses pembelajaran membaca pemahaman mengalami peningkatan yaitu siswa lebih aktif memberikan tanggapan, bertanya, dan bekerjasama dalam kerja kelompok. Peningkatan keterampilan membaca pemahaman pada siklus I sebesar 14 yang pada kondisi awalnya sebesar 58 meningkat menjadi 72 dengan persentase sebesar 52%. Setelah diperbaiki pada siklus II nilai rerata kelas meningkat sebesar 19 yang pada kondisi awal sebesar 72 meningkat menjadi 77 dengan persentase 79%. Kata Kunci: Keterampilan Membaca Pemahaman, metode Cooperative Integrated Reading and Composition, siswa SD