@techreport{UNY47958, type = {Project Report}, year = {2016}, publisher = {LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta}, institution = {Universitas Negeri Yogyakarta}, journal = {LAPORAN PPL}, author = {DIAS ENDAR PRATAMA DIAS ENDAR PRATAMA}, title = {LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)}, url = {http://eprints.uny.ac.id/47958/}, keywords = {Praktek Pengalaman Lapangan (PPL), kegiatan mengajar, SMA Negeri 1 Banguntapan.}, abstract = {Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan sarana praktik bagi mahasiswa di lapangan dalam upaya pembentukan calon guru atau tenaga kependidikan yang professional dengan memberikan pengalaman kepada calon pendidik mengenai pengimplementasian dan penerapan ilmu yang telah dikuasai dalam pratik keguruan pada proses pembelajaran yang sesungguhnya di lapangan. Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) diharapkan mampu mengembangkan potensi yang dimiliki mahasiswa sekaligus menjadi motivasi untuk terus mengaktualisasi diri dan mengabdi di dunia pendidikan agar mampu mewujudkan dunia pendidikan yang berkualitas dimasa depan. Pada kegiatan PPL yang dilaksanakan mulai 15 Juli 2016 sampai dengan 15 September 2016 ini, mahasiswa praktikan memeroleh tugas melaksanakan praktek mengajar di dalam kelas yang diampu oleh guru pembimbing dengan mengembangkan proses pembelajaran yang sesuai dengan apa yang telah dipelajari dibangku kuliah dengan penuh tanggung jawab. Kegiatan PPL merupakan serangkaian kegiatan yang terdiri dari observasi kelas, serta proses pengidentifikasian lingkungan belajar dan karakteristik peserta didik, koordinasi dengan pihak terkait antara lain, Kepala Sekolah, Koordinator PPL SMA Negeri 1 Banguntapan hingga guru pembimbing tiap mata pelajaran, penyusunan RPP dan media pembelajaran, serta pelaksanaan proses pembelajaran dan kegiatan non-mengajar. Selama praktek pengalaman lapangan mahasiswa diberi kesempatan untuk mengajar kelas X MIA 3 dan kelas X MIA 4 dengan alokasi waktu 2 jam pelajaran (2x45 menit) setiap minggunya. Terlaksananya kegiatan Praktek Pengalaman Lapangan ini banyak memberi pengalaman kepada mahasiswa dalam praktek mengajar di sekolah dimana mahsiswa mendapat banyak penalaman yang berkaitan dengan perencanaan, penyusunan perangkat pembelajaran, proses pembelajaran dan pengelolaan kelas. Mahasiswa dapat mengembangkan ilmu serta keterampilan mengajar yang dimiliki sesuai bidang keilmuan yang ditempuh.} }