TY - THES UR - http://eprints.uny.ac.id/47954/ ID - UNY47954 PB - PGSD Y1 - 2017/03/14/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan belajar siswa kelas III pada mata pelajaran IPA, tahun ajaran 2014/2015 dengan menggunakan media lingkungan alam . Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model kemmis dan Mc. Taggart, dengan subjek tindakan adalah siswa-siswi kelas III SD 2 Blunyahan yang berjumlah 34 siswa. Objek dalam penelitian ini adalah hasil belajar IPA.Tindakan yang di lakukan selama penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan media lingkungan alam. Pada siklus I dilakukan dua kali pertemuan di mana satu kali pertemuan dilakukan penanaman konsep dan materi pembelajaran sedangkan di pertemuan kedua melaksanakan tindakan tes evaluasi tindakan siklus I sedangkan pada siklus II dilakukan dua kali pertemuan yang terdiri satu kali pertemuan untuk melaksanakan proses pembelajaran sedang di pertemuan kedua melakukan tes evaluasi tindakan siklus II. Observasi dilakukan terhadap aktivitas guru maupun siswa dalam melaksanakan pembelajaran menggunakan media lingkungan alam dimana dilkukan karyawisata . Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) pembelajaran IPA menggunakan media lingkungan alam dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SD 2 Blunyahan. 2) setelah diterapkan pembelajaran IPA menggunkan media lingkungan alam dapat meningkatkan hasil belajar siswa dillihat dari hasil tes yang di berikan. Berikut presentase peningkatan pada prasiklus (35%) siklus I (41%) dan dilanjutkan siklus II (91%) dengan peningkatan tersebut maka penelitian ini di hentikan karena telah mencapai indicator keberhasilan 75% Kata Kunci : Media lingkunganalam, peningkatan hasil belajar, siswa SD. TI - PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MENGGUNAKAN MEDIA LINGKUNGAN ALAM PADA SISWA KELAS III DI SD 2 BLUNYAHAN KECAMATAN SEWON, KABUPATEN BANTUL, PROVINSI YOGYAKARTA A1 - Norazaini, Norazaini M1 - skripsi AV - restricted ER -