%0 Thesis %9 S1 %A Nardi, Nardi %B Fakultas Ilmu Pendidikan %D 2017 %F UNY:47951 %I PGSD %T MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI PEMELIHARAAN KESEHATAN TUBUH MANUSIA MELALUI MODEL CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) DI KELAS IV SD SAWIT, SEWON, BANTUL %U http://eprints.uny.ac.id/47951/ %X Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada materi pemeliharaan kesehatan tubuh manusia melalui model contextual teaching learning (CTL) di kelas IV SD Sawit, Sewon, Bantul. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif, model penelitian tindakan kelas ini menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dua siklus. Setiap siklus empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV di SD Sawit, Sewon, bantul, Yogyakarta, dimana siswa kelas IV berjumlah 33 siswa, dengan 23 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Objek penelitan adalah meningkatkan hasil belajar IPA pada materi pemeliharaan kesehatan tubuh manusia. Pengumpulan data digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan lembar observasi, pedoman penilaian tes, dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan dengan model contextual teaching learning (CTL) dapat meningkatkn hasil belajar IPA. Hal ini ditujukan dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II dimana siklus I nilai rataratanya adalah 74,09 meningkat pada siklus II menjadi nilai rata-ratanya 86,66. Selain itu menggunakan model contextual teaching learning (CTL) dapat membantu guru dalam melaksanakan pembelajan sehigga siswa tidak mudah bosan dalam mengikuti pembelajaran dan mengkaitkan materi yang dipelajari dalam kehidupan nyata. Dengan demikinan model contextual teaching learning (CTL) meningkatkan hasil belajar IPA. Kata Kunci: Hasil belajar IPA, Model contextual teaching learning (CTL)