@phdthesis{UNY4795, year = {2010}, author = {NUGROHO AGUSTINUS HERI}, title = {PENGEMBANGAN UNTUKPENINGKATANKUALITASPEMBELAJARAN Tesisditulisuntuk untukmendapatkangelarMagisterPendidikanProgramStudiTeknologiPembelajaran UNIVERSITASNEGERIYOGYAKARTA iPENGEMBANGANMULTIMEDIA PEMBELAJARAN UNTUKPENINGKATANKUALITASPEMBELAJARANMATAKULIAHAKUNTANSI}, school = {UNY}, month = {June}, abstract = {P enelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia pembelajaran yang dapat meningkatkan prestasi belajar mahasiswa untuk Mata Kuliah Akuntasi Keuangan Dasar II.Multimedia yang dikembangkan memiliki karakteristik:(1)bersifat interaktif; (2)mencakup berbagai komponen media yaitu teks, gambar, animasi, suara, dan video; dan (3)tersedia lembar kerja digital bagi mahasiswa, sehingga dapat memudahkan mahasiswa memahami materi Mata Kuliah Akuntansi Keuangan Dasar II.Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan(research and development). Pengembangan multimedia ini dilakukan dengan beberapa tahapan, yaitu:analisis kebutuhan, desain, produksi, evaluasi, danrevisi. Setelah melalui tahap produksi dihasilkan produk awal yang kemudian divalidasio lehahlima teridanah limedia. Selanjutnya,produk diujicobakan kepada mahasiswa melalui tiga tahap,yaitu uji coba satu lawan satu, uji coba kelompok kecil, dan uji coba lapangan.Subjek uji coba produk adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi. Data dikumpulkan melalui kuesioner, wawancara,tes, Data berupa hasil penilaian mengenai kualitas produk,saran untuk perbaikan produk, skortes,serta data kualitatif lainnya skore dengan skala1-5dan untuk hasil belajar berskala 1-100 dianalisis dengan statistik deskriptif dan inferensial.Saran-saran yang diperoleh digunakan sebagai dasar untuk merevisi produk.Hasil validasi ahli materi menunjukkan bahwa kualitas multimedia sangat baik,dengan skor4,41.Sedangkan ahli media menilai kualitas multimedia sangat baik,dengan skor4,24.Hasil uji coba menunjukkan bahwa penilaian mahasiswa mengenai kualitas multimedia yang dikembangkan ini adalah baik.Aspek pembelajaran memiliki rerata skor4,28(sangat baik),aspek isi4,18( danaspek media4,05(baik).Rerata skor secara keseluruhan sebesar4,17yang termasuk dalam kriteria baik.Dari tes yang dilaksanakan diperoleh rerata skor pre-test sebesar52,73dan rerata skor post-test sebesar68,53, jadi adakenaikan rerata skor sebesar 15, 80 atau sebesar 30\%.Hasil ujit=-9, 725 menunjukkan bahwa kenaikan rerata skor signifikan, dengan nilai psebesar 0,000. dapat disimpulkan bahwa produk multimedia yang dikembangkan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran Akuntansi Keuangan DasarII.Hasil observasi kualitas pembelajaran mata kuliah Akuntansi Keuangan Dasar II menunjukkan bahwa terdapat peningkatan capaian mahasiswa dari semu indikator pencapaian kualitas/keefektivan pembelajaran atau aspek efektivitas belajar yaitu: peningkatan pengetahuan,peningkatan ketrampilan,perubahan sikap,perilaku,tingkat retensi,kemampuan adaptasi,peningkatan integrasi,peningkatan partisipasi dan peningkatan interaksi kultural.}, url = {http://eprints.uny.ac.id/4795/} }