eprintid: 47937 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 1277 dir: disk0/00/04/79/37 datestamp: 2017-03-14 02:15:47 lastmod: 2019-10-01 11:37:01 status_changed: 2017-03-14 02:15:47 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: Linda Kurniawati, Linda Kurniawati title: LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: subject_lppmp divisions: lppmp full_text_status: public monograph_type: project_report keywords: PPL, SMK Negeri 2 Sewon, Program PPL abstract: Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) semester khusus tahun 2015 telah dilaksanakan di SMK Negeri 2 Sewon, Cangkringmalang, Timbulharjo, Sewon, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55186 selama 2 bulan sejak tanggal 15 Juli 2016 sampai dengan 15 September 2016. PPL sebagai usaha untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas penyelenggaraan proses pembelajaran serta mengembangkan kompetensi mahasiswa sebagai calon guru atau tenaga kependidikan. PPL diharapkan dapat memberikan pengalaman belajar bagi mahasiswa, terutama dalam hal pengalaman mengajar, memperluas wawasan, melatih dan mengembangkan kompetensi yang diperlukan dalam bidangnya, meningkatkan keterampilan, kemandirian, tanggung jawab, dan kemampuan memecahkan masalah. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ini mahasiswa terjun langsung ke sekolah dan berinteraksi dengan warga sekolah. Mahasiswa diharapkan dapat menjalankan tugas pokok, peran dan fungsi PPL setelah beradaptasi dengan lingkungan sekolah. Program utama penulis adalah Kegiatan pembelajaran tentang busana dengan materi dasar pola busana, gambar busana dan dasar teknologi menjahit di kelas. Sedangkan program lain yang dilakukan antara lain mempelajari administrasi guru, kegiatan-kegiatan sekolah, serta piket. Semua program terlaksana sesuai dengan perencanaann meskipun adanya hambatan-hambatan baik internal maupun eksternal. Keberhasilan programprogram PPL dapat memberikan manfaat yang saling menguntungkan antara sekolah dan mahasiswa. Dampak positif bagi mahasiswa adalah mengembangkan kompetensi mahasiswa sebagai calon guru sedangkan untuk sekolah adalah memperoleh memperoleh kesempatan untuk dapat andil dalam menyiapkan calon guru atau tenaga kependidikan yang profesional. date: 2016 date_type: published publication: LAPORAN PPL publisher: LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta institution: Universitas Negeri Yogyakarta refereed: TRUE citation: Linda Kurniawati, Linda Kurniawati (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/47937/1/13513241019_LINDA%20KURNIAWATI.pdf