@techreport{UNY47935, author = {Suranti Wusandari Suranti Wusandari}, type = {Project Report}, publisher = {LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta}, title = {LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA}, institution = {Universitas Negeri Yogyakarta}, year = {2016}, journal = {LAPORAN PPL}, keywords = {PPL, SMK Negeri 2 Sewon, Program PPL}, abstract = {Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah program yang bertujuan untuk mengembangkan kompetensi mengajar mahasiswa sebagai calon guru/ pendidik/ tenaga kependidikan. Program ini merupakan mata kuliah 3 SKS yang harus ditempuh oleh mahasiswa S-1 kependidikan Universitas Negeri Yogyakarta. Kegiatan ini memberikan pengalaman bagi mahasiswa kependidikan yang nantinya akan menjalani profesi sebagai seorang pendidik dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi pedagogik, kepribadian, profesional, dan sosial. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) semester khusus tahun 2016 yang dilaksanaan di SMK Negeri 2 Sewon yang berlokasi di Jl. Parangtritis km 7, Sewon, Bantul berlangsung selama 2 bulan, yaitu sejak tanggal 15 Juli 2016 sampai tanggal 15 September 2016. Dalam Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ini mahasiswa terjun langsung ke sekolah dan berbaur dengan warga sekolah agar menjalani proses adaptasi yang diharapkan dapat menjalankan tugas pokok, peran, dan fungsinya selama PPL dengan baik. Program utama penulis adalah kegiatan pembelajaran materi Sejarah Indonesia di kelas. Sedangkan program lain yang dilakukan antara lain mempelajari administrasi guru, kegiatan-kegiatan sekolah, serta piket. Adapun hasil yang dicapai selama PPL, mahasiswa memperoleh pengalaman dan keterampilan untuk melaksanakan pembelajaran dan kegiatan manajerial di sekolah. Secara keseluruhan semua program terlaksana sesuai dengan perencanaann meskipun adanya hambatan-hambatan baik internal maupun eksternal. Keberhasilan program-program PPL dapat memberikan manfaat yang saling menguntungkan antara sekolah dan mahasiswa. Dampak positif bagi mahasiswa adalah mengembangkan kompetensi mahasiswa sebagai calon guru sedangkan untuk sekolah adalah memperoleh memperoleh kesempatan untuk dapat andil dalam menyiapkan calon guru atau tenaga kependidikan yang profesional.}, url = {http://eprints.uny.ac.id/47935/} }