TY - THES N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kreativitas mengajar guru dengan motivasi belajar siswa kelas V Sekolah Dasar se-Gugus Kecamatan Gondomanan tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Pengumpulan data menggunakan skala likert. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD se-Gugus Kecamatan Gondomanan tahun ajaran 2016/2017 sebanyak 411 siswa. Cara pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampling berimbang (proportional sampling) sehingga diperoleh anggota sampel sebanyak 203 siswa. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket (kuesioner). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berbentuk skala. Validasi instrumen menggunakan penilaian ahli, sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus Cronbach Alpha. Teknik analisis data menggunakan Korelasi Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan positif dan signifikan antara kreativitas mengajar guru dengan motivasi belajar siswa kelas V SD se-Gugus Kecamatan Gondomanan tahun ajaran 2016/2017. Hal ini ditunjukkan oleh rhitung= 0,577 > rtabel= 0,137. Kata kunci: kreativitas mengajar, motivasi belajar AV - restricted ID - UNY47932 TI - MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR SE-GUGUS KECAMATAN GONDOMANAN TAHUN AJARAN 2016/2017 A1 - Nur ?Aliyah, Istiqomah PB - PGSD UR - http://eprints.uny.ac.id/47932/ M1 - skripsi Y1 - 2017/03/14/ ER -