relation: http://eprints.uny.ac.id/47875/
title: ANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK  KELAS XI SEMESTER II MAN TEMPEL TAHUN AJARAN  2012/2013 PADA PEMBELAJARAN KIMIA DENGAN  MODEL LEARNING CYCLE 5E
creator: Kurniawati, Astri
subject: Kimia
description: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil keterampilan proses sains  peserta didik pada pembelajaran kimia kelas XI semester II di MAN TEMPEL  tahun ajaran 2012/2013 dengan model learning cycle 5E dan mengetahui  keterampilan proses sains yang paling baik ditampilkan peserta didik dalam  pembelajaran.  Penelitian yang digunakan adalah penelitian pre-experimental dengan oneshot case study. Objek penelitian ini adalah keterampilan proses sains peserta didik  dengan 7 indikator keterampilan yang diamati, yaitu: keterampilan berkomunikasi,  keterampilan menerapkan konsep, keterampilan menggunakan alat dan bahan,  keterampilan meramalkan, keterampilan mengamati, keterampilan menafsirkan,  dan keterampilan mengelompokkan. Subjek penelitian ini adalah peserta didik  kelas XI IPA di MAN TEMPEL yang berjumlah 39 orang dari kelas XI IPA-1 dan  XI IPA-2 dengan kategori kelompok tinggi, sedang dan rendah Pembelajaran  dilaksanakan dengan model learning cycle 5E, yang memiliki 5 tahap  pembelajaran, yaitu: engagement, exploration, explanation, elaboration dan  evaluation.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan proses sains (KPS)  peserta didik secara keseluruhan untuk kelompok tinggi, sedang dan rendah  tergolong baik. Aspek KPS menggunakan alat dan bahan termasuk kategori sangat  baik, aspek berkomunikasi, mengamati, menafsirkan dan mengelompokkan  termasuk kategori baik, sedangkan aspek menerapkan konsep termasuk kategori  cukup.
date: 2015-10-22
type: Thesis
type: NonPeerReviewed
format: text
language: en
identifier: http://eprints.uny.ac.id/47875/1/BAB%20I%20skripsi%20Astri.pdf
identifier:   Kurniawati, Astri  (2015) ANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK KELAS XI SEMESTER II MAN TEMPEL TAHUN AJARAN 2012/2013 PADA PEMBELAJARAN KIMIA DENGAN MODEL LEARNING CYCLE 5E.  S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNY.