@techreport{UNY47797, institution = {Universitas Negeri Yogyakarta}, journal = {LAPORAN PPL}, title = {LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PERIODE 18 JULI s.d 15 SEPTEMBER 2016 SMA NEGERI 2 BANGUNTAPAN}, author = {Endah Widiarti Endah Widiarti}, type = {Project Report}, year = {2016}, publisher = {LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta}, keywords = {Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), SMA Negeri 2 Banguntapan}, url = {http://eprints.uny.ac.id/47797/}, abstract = {Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan suatu wadah untuk menerapkan/mengaplikasikan ilmu yang selama ini telah dipelajari dalam bidang keahlian maupun ilmu keguruan yang berkaitan dengan peserta didik dalam proses belajar mengajar. Praktik pengalaman lapangan atau praktik mengajar ini mulai dilaksanakan pada tanggal 18 Juli s.d. 15 September 2016 berlokasi di SMA N 2 Banguntapan. Dalam praktik mengajar mahasiswa terlebih dahulu melaksanakan persiapan pembelajaran, yaitu membuat perencanaan pembelajaran dimulai dengan membuat rencana pelaksanaan pembelajaran sampai dengan evaluasi yang dilaksanakan. Kemudian melakukan koordinasi dan konsultasi kepada guru pembimbing di sekolah tersebut. Dalam bimbingan PPL, mahasiswa (penulis) mendapatkan kesempatan untuk melaksanakan pembelajaran di kelas X IPS 1 dan X IPS 2. Kurikulum yang digunakan adalah Kurikulum 2013 (K13). Begitu pula dengan penulisan Rencana Pelaksanaan Pembelajarannya (RPP), penggunaan metode pembelajaran yang diterapkan adalah dengan metode Problem Based Learning dan Cooperative Learning. Sedangkan media yang digunakan adalah White Board, LCD, spidol, lembar kerja dan mengadakan tugas individu untuk mengetahui sejauh mana kemampuan siswa dalam memahami materi yang telah disampaikan. Pada tahap pelaksanaan, mahasiswa mengajar sebanyak 6 kali dengan alokasi masingmasing 3 jam pelajaran setiap pertemuan. Program kegiatan PPL dapat terlaksana dengan baik dan lancar berkat adanya bimbingan dan arahan dari guru pembimbing dan dosen pembimbing selama praktik mengajar serta peran aktif peserta didik selama berlangsungnya KBM. Selain itu terlaksananya program PPL ini tidak terlepas dari dukungan dan bantuan dari pihak sekolah yang telah memberikan keluasan kesempatan kepada para mahasiswa PPL untuk mengembangkan potensi yang dimilikinya.} }