relation: http://eprints.uny.ac.id/47758/
title: LAPORAN INDIVIDU  PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)  DI SMK NEGERI 1 PUNDONG
creator: Andri Setyawan, Andri Setyawan
subject: LPPMP
description: Program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan program  pembelajaran dengan tujuan mengembangkan kompetensi mahasiswa sebagai calon  guru atau pendidik atau tenaga kependidikan dan dilaksanakan oleh mahasiswa  program studi kependidikan. Standar Kompetensi PPL dirumuskan guru sebagai  anggota masyarakat yakni kompetensi pedagogik, kompetensi professional, dan  kompetensi social.  Kegitan PPL dilaksanakan di SMK Negeri 1 Pundong yang beralamat di  Dusun Menang, Srihardono, Pundong, Bantul berlangsung dari tanggal 15 Juli  hingga 15 September 2016. Tahapan-tahapan yang dilakukan dalam kegiatan yaitu  persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Tahap pertama yaitu persiapan berupa  observasi, antara lain: observasi sekolah, observasi kelas, dan penyusunan  administrasi mengajar. Tahapan kedua adalah pelaksanaan berupa mengajar  terbimbing dengan mata pelajaran Teknik Pemrograman dan Teknik Mikroprosesor  sesuai kesepakatan antara mahasiswa dengan guru pembimbing, kelas yang diampu  ialah kelas X TAV A dan X TAV B, serta melaksanakan pendampingan  (pembelajaran team teaching) pada mata pelajaran Elektronika Dasar dan Teknik  Listrik, yang bertujuan untuk membantu mahasiswa PPL yang lain ketika mengajar.  Tahap ketiga adalah evaluasi, kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui tingkat  kepahaman siswa terkait materi yang diberikan selama kegiatan PPL. Selain  melaksanakan KBM mahasiswa PPL juga melaksanakan piket, antara lain jaga  gerbang di pagi hari, UKS, BK, TU, Ruang Piket, Perpustakaan, dan Piket di kantor  Jurusan.  Kegiatan PPL di SMK N 1 Pundong selama dua bulan berjalan dengan baik  dan memberikan manfaat serta pengalaman bagi penulis, baik yang berhubungan  dengan kegiatan belajar mengajar maupun kegiatan di luar kelas yang sifatnya  terpadu antara praktik, teori, serta pengembangan lebih lanjut dan merupakan  penerapan teori yang telah didapatkan di bangku perkuliahan sebagai sarana untuk  mendapatkan pengalaman faktual mengenai proses pembelajaran dan pendidikan  lainya, sehingga dapat menyiapkan pendidik professional.
publisher: LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta
date: 2016
type: Monograph
type: PeerReviewed
format: text
language: en
identifier: http://eprints.uny.ac.id/47758/1/13518241030_Andri%20Setyawan_PT%20Mekatronika.pdf
identifier:   Andri Setyawan, Andri Setyawan  (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK NEGERI 1 PUNDONG.  Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.